Sukses

Meski Perang Paten, Apple & Samsung Akur Garap iPhone 7

Meski terlibat perang paten, Apple dan Samsung akur ketika menjalankan kemitraan bisnisnya demi iPhone 7.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dan Samsung boleh-boleh saja berseteru soal paten teknologi dan perangkat di industri smartphone dunia. Namun, kedua perusahaan itu masih tetap intim dalam menjalankan kemitraan bisnis yang sebenarnya sudah lama terjalin. 

Misalnya saja, soal komponen chip yang akan digunakan Apple dalam produk perangkat mobile buatannya. Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu dikabarkan masih menggunakan komponen buatan Samsung yang menjadi lawannya terkait sengketa paten iPhone dan iPad.

Bahkan, perusahaan asal Korea Selatan Samsung dikabarkan telah memberikan contoh komponen pertama buatannya. Otak yang akan disematkan pada perangkat mobile buatan Apple itu disinyalir akan bernama Apple A9.

Samsung kabarnya telah mendapatkan kembali kepercayaan Apple untuk mengisi komponen bagian inti iPhone 7, smartphone penerus iPhone 6. Samsung sukses mencuri hati Apple melalui proses produksi 14nm FinFET.

Mengutip laman Phone Arena, chipset tersebut rencananya baru akan diproduksi secara massal oleh Samsung pada kuartal kedua 2015. Rumor yang beredar mengungkap produksi massal chip A9 Apple yang nantinya digunakan untuk generasi iPhone mendatang akan dilakukan oleh dua perusahaan.

Proses manufaktur 14nm sendiri dipercaya akan memberikan peningkatan kemampuan perangkat. Diprediksi peningkatan yang dihasilkan akan berpengaruh ke kinerja peranglat sebesar 20% dan menurunkan konsumsi tenaga sebesar 35% dan sejumlah peningkatan lainnya.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini