Sukses

Qualcom Rancang Prosesor Berbasis 4G LTE Super Cepat

Qualcomm dikabarkan tengah merancang prosesor dengan dukungan teknologi LTE (Long Term Evolution) yang lebih kencang.

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm terus berinovasi agar tetap menjaga posisi dominasinya di pasar chipset perangkat mobile. Perusahaan asal Amerika Serikat itu dikabarkan telah membuat prosesor yang bakalan menjadi andalan di industri smartphone Android dunia. 

Komponen yang digadang-gadang bakal jadi andalan di industri smartphone pada tahun 2015 mendatang itu ialah Snapdragon 810. Prediksi yang beredar mengungkapkan chipset ini bakalan dipakai pada ponsel pintar Android kelas atas.

Meskipun Snapdragon 810 sempat dihajar isu tak sedap, tapi Qualcomm sebagai pembuat brand Snapdragon mengaku telah berusaha untuk meyakinkan konsumen bahwa perusahaannya telah berada di jalur yang tepat. Perusahaan itu juga mengaku akan merilis Snapdragon 810 pada paruh pertama tahun 2015.

Mengutip GSM Arena, chipset Snapdragon 810 akan dilengkapi dukungan teknologi LTE (Long Term Evolution) yang lebih kencang. Qualcomm mengungkapkan akan ada peningkatan di prosesor tersebut yang akan mendukung LTE Cat.9 dengan kecepatan download hingga 450 Mbps.

Bila itu benar terjadi, maka peningkatan signifikan bakal tersedia di generasi baru Snapdragon dari seri Snapdragon 805 yang sudah lebih dulu hadir di pasaran. Pada Snapdragon 805 kemampuan maksimal download yang bisa dilakukan ialah 300 Mbps dengan koneksi internet terbaik sedangkan untuk upload kecepatan maksimalnya di kisaran 50 Mbps.

Tak hanya sampai disitu, rumor lain yang beredar menyebutkan kelak kemampuan upload akan naik di LTE Cat.10. Kecepatan upload-nya akan dapat mencapai 100 Mbps, namun kita masih harus menunggu untuk teknologi tersebut. 

Snapdragon 810 sendiri akan menjadi prosesor Qualcomm pertama yang memiliki fitur LTE Cat.9. Chipset ini dibuat dengan kemampuan dukungan kerja di jaringan GSM/EDGE, CDMA1x/EVDO, TD-SCDMA, maupun di WCDMA/HSPA+. (den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.