Sukses

Indosat Segera Gelar Layanan 4G LTE

Bila proses ULO lancar, maka Indosat bisa langsung menggelar layanan 4G LTE miliknya secara komersial

Liputan6.com, Jakarta - PT Telkomsel Tbk (Telkomsel) sukses menjadi operator selular pertama yang meluncurkan layanan 4G LTE (Long Term Evolution) secara komersial di Indonesia. PT Indosat Tbk (Indosat) sepertinya akan menyusul Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi berbasis internet cepat itu.

Hal itu diungkap oleh Adrian Prasanto, Division Head of Public Relations Indosat. Ia mengaku perusahaannya tengah mempersiapkan peluncuran layanan berbasis 4G LTE yang memakai spektrum 900 Mhz untuk pelanggannya di Tanah Air.

"Iya, kita memang sedang persiapan peluncuran 4G LTE. Nantinya pakai spektrum 900 Mhz karena izinnya baru dikasih di situ sama pemerintah. Kita berharap bisa dalam waktu dekat, mudah-mudahan sebelum akhir Desember kita bisa luncurkan komersial," ungkapnya kepada tim Tekno Liputan6.com di Jakarta.

Pria yang biasa disapa Pras itu mengakui, saat ini perusahaannya tengah menantikan hasil uji laik operasi (ULO) yang masih dalam proses. Bila proses ULO lancar, maka Indosat bisa langsung menggelar layanan 4G LTE miliknya secara komersial.

"Proses ULO sudah kita ajukan ke pihak terkait sejak beberapa waktu lalu, sekarang tinggal nunggu hasilnya saja. Begitu prosesnya selesai dan disetujui kita bisa langsung gelar 4G LTE komersial pakai frekuensi 900 Mhz," tambahnya.

Saat ini, Indosat memakai teknologi U900 untuk menyediakan akses internet cepat. Teknologi komunikasi berbasis 4G LTE yang digelar Indosat itu diklaim bisa menyediakan kecepatan internet hingga 42 Mbps. (den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Indosat adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia.

    Indosat

  • 4G LTE

Video Terkini