Sukses

Kantongi ULO, Layanan 4G LTE Indosat Meluncur Minggu Ini?

Indosat mengklaim telah mengantongi Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar 4G LTE.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat akan segera menyusul Telkomsel yang beberapa waktu lalu baru saja meluncurkan layanan komersial 4G LTE (Long Term Evolution). Acara peluncuran layanan Indosat ini dijadwalkan akan digelar pada pekan ini atau pekan depan.

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) Indosat, Alexander Rusli, mengatakan bahwa perusahaan telah mengantongi Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar 4G LTE. Namun Alex enggan merinci waktu pasti peluncuran layanan tersebut.

"Kita sudah dapat ULO pada Kamis kemarin, dan akan segera diluncurkan secara komersial. Kemungkinan meluncurnya pekan ini atau pekan depan, jadi kita tinggal menentukan hari saja," tutur Alex di XXI Club Djakarta Theater, Senin (15/12/2014).

Sama seperti Telkomsel, Indosat baru mengantongin izin komersial 4G LTE di frekuensi 900 MHz. Seperti diketahui, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, beberapa waktu lalu mengatakan bahwa layanan 4G LTE akan diluncurkan secara bertahap mulai dari 900 MHz, 1.800 MHz, dan 2,1 GHz. Untuk 1.800 MHz dijadwalkan akan rilis pada kuartal pertama tahun depan.

Di sisi lain, Alex mengaku sebenarnya Indosat ingin menggelar 4G LTE secara langsung di 900 MHz dan 1.800 MHz. "Kita harapannya di 1.800 MHz, nanti dikombinasikan dengan 900 MHz karena handset-nya lebih banyak di 1.800 MHz," sambung Alex.

Kendati demikian, Indosat akan tetap mengikuti aturan dari pemerintah untuk menggelar teknologi generasi keempat tersebut. Untuk selanjutnya, Alex mengatakan bahwa Indosat juga akan bekerjasama dengan vendor smartphone untuk memperkuat ekosistem layanan 4G LTE miliknya.

"Kita juga ada rencana bundling smartphone. Informasi lengkapnya nanti akan kita umumkan," ungkap Alex. (din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Indosat adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia.

    Indosat

  • 4G LTE

Video Terkini