Sukses

Berapa Tarif Layanan 4G LTE Telkomsel?

Pakai teknologi komunikasi terbaru, berapa tarif layanan 4G yang dipasang Telkomsel?

Liputan6.com, Jakarta - Layanan berbasis teknologi 4G LTE (Long Term Evolution) sudah resmi digelar secara komersial oleh PT Telkomsel. Meskipun memakai teknologi komunikasi yang terbaru, perusahaan penyedia layanan seluler itu mengaku tidak memberikan tarif khusus di layanan 4G LTE.

Hendri Mulya Syam sebagai Senior Vice President LTE Project menyebutkan bahwa perusahaannya menggunakan tarif data 4G LTE yang sama seperti 3G. Langkah itu dilakukan karena Telkomsel tak mau mengambil risiko yang cukup besar karena memberikan tarif mahal di 4G LTE.

"Telia Mobile di Swedia menjadi operator pertama di dunia yang gelar 4G LTE secara komersial. Telia memberikan harga data 4G sebagai produk premium jadi lebih mahal sekitar 20% dari tarif 3G-nya dan itu jadi sebuah kesalahan," papar Hendri di kantor Telkomsel, Jakarta.

Kesalahan yang dimaksud Hendri dilakukan Telia dengan harga premium di layanan 4G ialah LTE yang diselenggarakan oleh operator dari Swedia terbilang mandek dan lambat pertumbuhannya karena mematok tarif terlalu tinggi.

Alhasil, Telia kemudian kehilangan momentum sebagai operator penyedia layanan telekomunikasi berbasis 4G LTE karena berikutnya muncul operator lain yang juga menyelenggarakan layanan serupa dengan tarif yang lebih murah. Operator baru itu menerapkan tarif setara tarif 3G di layanan 4G.

"Dari study case di negara lain yang sudah menggelar 4G LTE, akhirnya yang bisa sukses ialah yang menawarkan tarif sama dengan harga akses 3G. Itu sebabnya kami melakukan hal yang sama," lanjut Hendri saat dijumpai tim Tekno Liputan6.com.

Perusahaan itu mengaku telah memasang target 2-3 juta pengguna layanan 4G LTE miliknya pada tahun 2015 nanti. Hendri mengaku optimistis target pengguna 4G LTE yang ditetapkan perusahaannya bakalan tercapai.

Ia memprediksi sekarang sudah sekitar 3-4 juta smartphone berteknologi 4G LTE yang tersebar di seluruh Indonesia yang menjadi pasar potensial.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini