Sukses

Agar Path Anda Tak Kebanjiran Notifikasi

Pengguna Path mungkin sering merasa terganggu dengan notifikasi dari sebuah postingan, baik yang berasal dari teman atau orang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna Path mungkin sering merasa terganggu dengan banyaknya notifikasi dari sebuah postingan, baik yang berasal dari teman atau orang lain yang tidak ada dalam daftar Friends. Menyadari keresahan dari para penggunanya, Path akhirnya merilis dua fitur baru untuk mengatasinya.

Kedua fitur baru itu sudah bisa dicicipi oleh seluruh pengguna Path, termasuk di Indonesia. Fitur tersebut bernama 'Mute this moment' dan 'Only friends can tag me'.

Sebelumnya, Chief Executive Officer (CEO) Path, Dave Morin, dalam sebuah kesempatan pernah meyinggung rencana peluncuran fitur untag. Saat itu, dia mengatakan bahwa fitur itu akan disebut sebagai 'Mute'.

Lebih lanjut, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh versi terbaru Path agar bisa menggunakan kedua fitur tersebut. Berikut cara penggunaan kedua fitur, seperti dilansir dari laman Path.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Mute this moment

Cara penggunaan fitur ini cukup mudah. Pertama, Anda harus men-tap nama atau lokasi di sebuah postingan yang di-tag oleh temannya.

Setelah itu akan muncul keterangan berisi daftar nama yang berada di dalam postingan 'rombongan' dan fitur 'Mute this moment'. Pengguna bisa men-tap pilihan 'Mute this moment' tersebut.



Kemudian akan muncul konfirmasi untuk menghentikan semua notifikasi dari postingan yang diinginkan secara permanen. Kehadiran fitur ini bisa menjadi jalan keluar bagi sejumlah pengguna Path, yang sering kali terganggu karena banyaknya notifikasi dari pengguna lain di postingan yang sama.



"Anda bisa menghentikan semua notifikasi untuk sebuah momen (postingan) Path, yang men-tag Anda dengan 'mematikannya'. Sehingga Anda tidak terganggu ketika berbagai komentar baru diposting di momen tersebut," jelas Path.

3 dari 3 halaman

2. Only friends can tag me

Beberapa pengguna Path tentu pernah di-tag oleh orang yang tidak berada dalam daftar Friends, dan kadang dirasa mengganggu. Nah dalam versi terbarunya, Path memberikan sebuah opsi untuk mencegah hal tersebut.

Dalam opsi Privasi di dalam Settings, terdapat pilihan 'Only friends can tag me'. Ketika fitur ini diaktifkan, pengguna Path yang tidak berada dalam daftar teman tidak bisa men-tag Anda.



"Jika Anda tidak ingin ditandai (di-tag) dalam sebuah momen oleh orang lain yang bukan teman, Anda bisa mengaktifkan pengaturan Only friends can tag me," tulis Path.

Fitur ini sudah tersedia untuk pengguna di iOS dan Android.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.