Sukses

Telkomsel Pastikan Jaringan Aman Saat Natal & Tahun Baru

Telkomsel mengklaim akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya di Papua saat memasuki hari raya Natal dan Tahun Baru 2015.

Liputan6.com, Jayapura - Telkomsel mengklaim akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya di Papua saat memasuki hari raya Natal dan Tahun Baru 2015. Meskipun diprediksi akan terjadi lonjakan karena banyaknya pertukaran informasi antar pelanggan, baik yang menggunakan layanan suara, SMS ataupun data.

Untuk menyikapi hal tersebut, salah satunya Telkomsel akan meningkatkan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) hingga 8,8 juta pelanggan lebih di wilayah Indonesia Timur.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data, ICT Operation Regional Maluku-Papua juga telah menginstal 2 unit GGSN (Gateway GPRS Support Node) yang mampu menampung kapasitas 4 juta pelanggan yang ditempatkan di Kota Jayapura dan Timika.

Manajer Branch Telkomsel Jayapura, Achdiyat Suryana menuturkan, untuk mempermudah peningkatan kualitas layanan dan jaringan, Telkomsel telah melakukan identifikasi terhadap 39 titik keramaian utama yang diprediksi akan dipadati oleh pelanggan di masa Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

Titik keramaian itu dikenal dengan sebutan PREMIUM, atau singkatan dari Public Service, Religious Event, Entertainment Events, Mall Shoppinh Center, Indoor Events, Uniqueness dan Massive Crowd.

"Titik keramaian ini meliputi seluruh pintu kedatangan di bandara udara, terminal, pelabuhan laut, dan pusat perbelanjaan serta tempat keramaian masyarakat dalam merayakan momentum akhir tahun," ujarnya di Jayapura, Kamis (18/12/2014).

Dalam satu tahun terakhir, Telkomsel Regional Maluku-Papua telah berhasil mengaktifkan sebanyak 779 BTS baru yang tersebar di 3 propinsi Maluku, Papua Barat dan Papua di masing-masing Branch: Ambon, Sorong, Timika, dan Jayapura.

Telkomsel juga mengerahkan 30 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjamin kualitas jaringan selama Natal dan tahun baru agar tetap prima.

"Kami menyiagakan 22 armada Mobile GraPARI untuk menjamin ketersediaan produk melalui lebih di 280 outlet siaga, serta didukung oleh call centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur," paparnya.

Sementara itu, secara nasional, Telkomsel memperkirakan kenaikan terbesar terjadi pada layanan data menjelang Natal dan Tahun Baru 2015, seperti halnya saat lebaran tahun ini yang kenaikannya diprediksi mencapai 1.100 Terabyte atau naik 25,99% dibandingkan hari normal.

Sementara itu layanan suara diperkirakan menjadi 1,5 milyar menit atau naik 9,61%. Sedangkan trafik SMS diperkirakan mengalami kenaikan 137 juta SMS atau naik 14,14% untuk trafik SMS dibandingkan dengan trafik normal di tahun 2014 sebanyak 968 juta SMS.

(Kat/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini