Sukses

Mengintip Kondisi Buruk Buruh Pabrik iPhone di Tiongkok

Pengambilan video secara tersembunyi ini merupakan bagian dari program dokumenter BBC Panorama.

Liputan6.com, Tiongkok - Sebuah rekaman video tersembunyi terbaru yang diambil oleh tim dari BBC menunjukkan betapa buruknya kondisi kerja buruh pabrik iPhone di Tiongkok.  

Pengambilan video secara tersembunyi ini merupakan bagian dari program dokumenter BBC Panorama. Sejumlah manufaktur rekanan Apple, termasuk dua manufaktur besar Pegatron dan Foxconn, menjadi 'sasaran' operasi tim dari BBC Panorama.

Ralph Nader, seorang wartawan yang tergabung di dalam tim BBC Panorama mengatakan, "Kondisi kerja yang benar-benar menguras fisik."

Ya, dalam video dokumenter yang berhasi didapat tim BBC Panorama, terlihat bagaimana para buruh perakit iPhone tertidur di jalur perakitan karena saking lelahnya.

Kondisi seperti itu tidak saja terjadi di satu pabrik. Tim BBC Panorama menemukan kondisi serupa di tiga pabrik perakit iPhone -- tak dijelaskan secara rinci nama pabrik yang dituju.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Mengenaskannya lagi, dalam salah satu scene terlihat bagaimana seorang pekerja memperingatkan pekerja lain agar tidak tertidur di jalur perakitan. Sebab, hal itu berbahaya dan bisa mencelakakan diri sang pekerja.

Data yang dimiliki tim BBC Panorama memang mengungkapkan bahwa tingkat kecelakaan kerja di manufaktur Tiongkok sangat mengkhawatirkan. Tak hanya fisik, psikis pekerja pun terancam.

Sebagai bukti, menurut sumber BBC Panorama, sejauh ini sudah ada 14 orang pekerja di pabri Foxconn yang melakukan bunuh diri karena stres.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini