Sukses

Menyerah, Samsung Pensiunkan ChatOn Tahun Depan

Liputan6.com, Jakarta - Samsung memutuskan menyerah di persaingan layanan messenger. Perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) itu memutuskan untuk menutup layanan messenger miliknya, ChatOn, pada tahun depan.

'Kematian' ChatOn telah dikonfirmasi kepada Yonhap News. Samsung mengatakan bahwa layanan itu akan ditutup per 1 Februari 2015, kecuali di Amerika Serikat.

Samsung menjelaskan, keputusan ini merupakan bentuk upaya dalam memenuhi perubahan kebutuhan pasar dan memberikan layanan berbeda untuk para pengguna. Lepas dari ChatOn, Samsung akan fokus ke area lain seperti kesehatan dan penjualan mobile.

"Di bawah perubahan kebijakan operasional layanan, ChatOn akan ditutup mulai pukul 09.00 pagi per 1 Februari 2015," jelas Samsung seperti dilansir BGR, Sabtu (20/12/2014).

Laporan mengenai 'kematian' ChatOn sebenarnya telah beredar sejak beberapa waktu lalu. Namun saat itu, perusahaan menyangkalnya.

ChatOn diluncurkan pada 2011 dan tersedia di 200 negara. Dengan banyaknya pengguna yang tersebar di berbagai negara, Samsung membuka kesempatan bagi pengguna untuk menyimpan catatan chatting, foto, dan video, mereka sebelum layanan itu ditutup. (din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.