Sukses

XL Resmi Gelar Layanan 4G LTE di Indonesia

PT XL Axiata secara resmi meluncurkan layanan 4G LTE di Indonesia. Saat ini 4G milik XL baru tersedia di tiga kota di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan 4G LTE (long term evolution) sudah secara resmi hadir di Indonesia. Setelah Telkomsel, tak perlu menunggu lama, PT XL Axiata Tbk (XL) juga menyusul meresmikan layanan serupa.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menyambut peluncuran layanan 4G LTE yang disediakan XL secara komersial. Dalam sambutannya, Menkominfo meminta XL menyediakan layanan terbaik dan ekosistem yang mumpuni.

"Selamat kepada XL untuk layanan 4G yang diluncurkan resmi secara komersial hari ini. Operator harus bertanggung jawab untuk menyediakan layanan terbaik dengan jaringan dan ekosistem yang baik, gak hanya launching," ungkap Rudiantara. 

Layanan LTE 4G XL saat ini baru secara resmi tersedia di Bogor, Yogyakarta dan Medan. XL mengklaim menjadi operator pertama yang menyediakan layanan 4G LTE di tiga kota tersebut, karena Telkomsel lebih memilih Jakarta dan Bali untuk menyediakan layanan 4G miliknya. 

Sama seperti Telkomsel, XL menggelar layanan 4G LTE miliknya di spektrum 900 Mhz selebar 5 Mhz. Layanan yang baru disediakan oleh XL ini diklaim akan mampu menyediakan kecepatan data transfer hingga 36 Mbps.

XL menggunakan 100 base transceiver station (BTS) untuk menyediakan layanan telekomunikasi berbasis 4G miliknya. Anak usaha Axiata Group Berhad itu menjanjikan peluncuran 4G berikutnya akan dilakukan di Jakarta dan Surabaya.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.