Sukses

Ini Alasan XL Belum Pilih Jakarta Untuk Luncurkan 4G

Untuk tahap awal, XL mengkomersialkan layanan ini di tiga kota besar lebih dulu, yaitu Medan, Yogyakarta dan Bogor. Jakarta belum masuk.

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL) hari ini secara resmi meluncurkan layanan 4G LTE miliknya di Indonesia. Untuk tahap awal, XL mengkomersialkan layanan ini di tiga kota besar lebih dulu, yaitu Medan, Yogyakarta dan Bogor. Jakarta justru belum masuk daftar pertama.

Pemilihan ketiga kota tersebut sebagai lokasi digelarnya layanan XL 4G-LTE yang pertama bukan tanpa pertimbangan. Direktur Service Managament XL, Ongki Kurniawan, dalam keterangan tertulis mengatakan alasannya karena pertimbangan bisnis dan juga teknis.

Kota tersebut dipilih karena tingginya potensi permintaan pelanggan dan ketersediaan alokasi frekuensi. XL juga mempertimbangkan sisi dukungan bagi percepatan pembangunan di daerah melalui jaringan pita lebar dan layanan internet cepat.

Hal senada juga diungkap Rahmadi Mulyohartono, Senior GM Network Planning XL, pada peluncuran di Jakarta yang ditandai dengan demo layanan 4G di empat lokasi.

"Kita pilih tiga kota ini karena pengguna smartphone 4G LTE-nya sudah cukup banyak dan penggunaan layanan datanya terbilang besar. XL juga ingin mengubah cara pengalaman berinternet pelanggan di daerah lain di luar Jakarta," ungkap Rahmadi.

Rahmadi berkilah infrastruktur dan jaringan untuk menggelar layanan 4G di Jakarta belum siap. "Di Jakarta kita juga sudah siap untuk menggelar layanan 4G ini, tapi kita lebih memilih untuk menyediakannya di luar Jakarta dulu sekalian mengedukasi masyarakat yang ada di daerah supaya lebih akrab dengan internet cepat," paparnya.

Sama seperti Telkomsel, XL menggelar layanan 4G LTE miliknya di spektrum 900 Mhz selebar 5 Mhz. Layanan yang baru disediakan oleh XL ini diklaim akan mampu menyediakan kecepatan data transfer hingga 36 Mbps.

Untuk tahap awal, XL menyebar 100 base transceiver station (BTS) untuk menyediakan layanan telekomunikasi berbasis 4G. Jumlah BTS tersebut akan terus ditingkatkan sesuai kebutuhan. Dalam waktu dekat ini XL 4G LTE juga akan diluncurkan di Surabaya, menyusul segera di kota-kota lainnya, termasuk Jakarta.

Adapun nilai investasi yang dikeluarkan XL untuk menyediakan layanan mobile 4G LTE ini sudah menjadi bagian dari keseluruhan nilai investasi XL di tahun 2014 yang mencapai sekitar Rp 7 triliun.

4G-LTE merupakan teknologi jaringan telekomunikasi tercanggih saat ini. LTE disebut-sebut memiliki keunggulan pada kecepatan, efisiensi jaringan, dan jangkauan layanan. Dengan keunggulan yang ditawarkan, pengguna bisa mendapatkan kecepatan dan kestabilan akses layanan data yang lebih baik, termasuk untuk upload atau pun download konten-konten berkapasitas besar seperti foto atau video, maupun mengirim atau menerima file-file besar.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.