Sukses

Follower di Instagram Berkurang? Ini Penyebabnya

Melalui aksi bersih-bersih ini, Instagram menghapus seluruh akun palsu yang sebelumnya banyak bertebaran.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah pengguna Instagram mungkin saat ini sedang kebingungan karena jumlah follower mereka mengalami penurunan. Tapi jangan panik, karena penurunan itu disebabkan pembersihan akun palsu yang dilakukan Instagram pada pekan ini.

Melalui aksi bersih-bersih ini, Instagram menghapus seluruh akun palsu yang sebelumnya banyak bertebaran. Sayangnya, tidak semua pengguna Instagram menyambut baik langkah ini.

Dilansir Digital Trends, sejumlah pengguna Instagram menyampaikan kemarahannya di Twitter. "F**k Instagram, I've lost like 200 follower," kicau pemilik akun @electricirwin.

"Instagram please brings us our virtual followers, we need it to be famous," ungkap @kevindooh.

"Gila instagram parah banget. Followers dari 282 jadi 244. Gila perbaikan pengikutnya ngurangin followers banget," tulis ‏@berliana_beber.

Pembersihan akun palsu ini juga berlaku untuk para selebriti, termasuk Justin Bieber, Kim Kardashian, dan rapper Ma$e. Biebier dilaporkan kehilangan hampir 15 persen follower dari 3,5 juta menjadi sekira 20 juta.

Kardashian kini memiliki 22 juta follower setelah kehilangan lebih dari 5 persen. Penurunan besar terjadi pada rapper Ma$e, yang kehilangan 1 juta follower dan dia memutuskan menutup akun Instagramnya.

Akun Instagram, @Instagram, juga mengalami nasib serupa. Jumlah follower layanan itu kini menjadi 45 juta, setelah mengalami penurunan hampir 19 juta.

Pihak Instagram mengatakan bahwa pembersihan akun palsu adalah proses untuk membereskan masalah yang ada di layanannya. Masalah itu termasuk soal akun yang sudah tak aktif dan palsu di daftar follower atau following para pengguna.

"Kami berusaha mempertahankan pengalaman terbaik di Instagram, sehingga kami melakukan yang terbaik yaitu menghapus spam, akun palsu, serta akun dan postingan yang tidak sesuai dengan Community Guidelines kami. Setelah kami menghapus akun-akun itu, beberapa orang mungkin akan menyadari ada penurunan di daftar follower atau following mereka," jelas Instagram.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini