Sukses

6 Alasan Kenapa Anda Tidak Butuh Smartphone Mahal

Smartphone mana yang cocok untuk Anda, Apakah smartphone flagship dengan harga selangit, atau smartphone entry level yang ramah kantong?

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone premium, atau segmen andalan (flagship) hadir dengan berbagai fitur canggih dan spesifikasi mumpuni. Namun kehebatan yang diusung oleh smartphone flagship tentunya berbading lurus dengan banderol harga yang dipasang.

Tengok saja iPhone 6, Samsung Galaxy S5, LG G3, atau Sony Xperia Z3. Kesemuanya dipasarkan dengan harga jual di atas Rp 5 juta.

Di sisi lain, saat ini ada banyak sekali produk-produk smartphone yang dijual dengan harga terjangkau. Bahkan dengan hanya merogoh kocek Rp 1 jutaan, Anda sudah bisa membawa pula sebuah ponsel pintar.

Akan tetapi peribahasa 'ada harga, ada rupa' tentunya berlaku. Smartphone kelas menengah ke bawah (entry level) tidak akan dilengkapi dengan fitur ataupun spesifikasi sementereng smartphone kelas atas.

Jadi, smartphone mana yang cocok untuk Anda? Apakah smartphone flagship dengan harga selangit, atau smartphone entry level yang ramah kantong?

Jawabannya kembali pada kebutuhan Anda. Bila Anda masih bingung, berikut adalah 6 pertanda yang menunjukkan bahwa Anda tidak memerlukan sebuah smartphone flagship:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Bukan gamer

1. Anda bukan gamer

Seorang gamer atau penggila game pastinya membutuhkan sebuah perangkat mobile dengan spesifikasi mumpuni agar hobi bermain game-nya dapat tersalurkan. Tipe gamer akan mencari smartphone yang telah dilengkapi prosesor canggih, GPU unggulan dan kapasitas memori yang besar.

Pertanyaannya adalah, apakah Anda seorang gamer? Jika tidak, lebih baik pilih smartphone biasa saja.

3 dari 7 halaman

Kamera ponsel hanya untuk selfie

2. Anda menggunakan kamera ponsel hanya untuk selfie dan bersenang-senang

Smartphone mahal pastinya telah dibekali dengan kamera canggih beresolusi tinggi. Jika Anda hanya menggunakan kamera smartphone untuk sekedar ber-selfie ria dan men-share-nya ke media sosial, jangan terlalu memaksakan diri membeli smartphone flagship.

4 dari 7 halaman

Resolusi layar berlebihan

3. Anda tidak butuh resolusi layar berlebihan

Saat ini sudah ada smartphone flagship yang dibekali kualitas layar beresolusi Quad HD (1440 x 2560 piksel). Quad HD? Apakah resolusi tersebut benar-benar Anda perlukan? Faktanya tidak. Televisi di rumah Anda saja tidak mengusung resolusi layar sebesar itu.

5 dari 7 halaman

Bukan seorang 'multimedia holic'

4. Anda bukan seorang 'multimedia holic'

Masih berhubungan dengan resolusi layar. Jika Anda tidak suka menonton film atau video klip beresolusi HD, artinya Anda tidak memerlukan smartphone mahal. Terlebih jika bandwith paket internet yang Anda gunakan tidak mendukung untuk memutar video-video beresolusi tinggi.

6 dari 7 halaman

Tidak suka smartphone berlayar besar

5. Anda tidak suka smartphone berlayar besar

Smartphone flagship umumnya mengadopsi layar lebar di atas 4,5 inci. Ini adalah tren yang berlaku saat ini. Nah, jika Anda lebih suka dengan smartphone yang nyaman dalam genggaman atau disimpan di dalam saku celana, lebih baik hindari membeli smartphone flagship.

7 dari 7 halaman

Smartphone hanya untuk keperluan 'normal'

6. Anda menggunakan smartphone hanya untuk keperluan 'normal'

Ini yang terpenting. Apa yang Anda lakukan dengan smartphone Anda? Jika hanya digunakan untuk bermedia sosial dan chatting, lebih baik jangan buang-buang uang dengan membeli smartphone flagship. Sebuah smartphone flagship akan lebih bermanfaat bagi orang-orang yang menggunkannya untuk keperluan produktifitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini