Sukses

Tak Mau 4G Bernasib Buruk, Menkominfo Peringatkan Operator

Liputan6.com, Jakarta - Pembukaan kran layanan 4G LTE dari pemerintah bagi pelanggan seluler langsung disambut baik oleh operator telekomunikasi seluler. Setelah PT Telkomsel, PT XL Axiata Tbk menyusul menggelar layanan berbasis internet cepat tersebut.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara menyampaikan beberapa pesan wajib bagi operator telekomunikasi selular yang telah menyediakan layanan 4G secara komersial di Tanah Air.

Pertama, kata Rudiantara, operator harus mampu mengedukasi pelanggan dan menjaga kualitas layanan 4G LTE yang disediakannya agar pelanggan mendapatkan kualitas terbaik.

"Kepuasan pelanggan terakhir sebagai pengguna layanan harus dipenuh dengan sangat baik biar benar-benar berkembang industrinya," ungkapnya.

Kedua, operator diwajibkan membangun ekosistem lain yang mendukung layanan berbasis 4G LTE yang disediakannya baik berupa handset maupun aplikasi mobile. Pemerintah mengaku siap untuk bekerjasama dengan operator dalam mendorong penetrasi perangkat berbasis 4G LTE dan aplikasi mobile pendukungnya.

"Saya siap untuk membantu operator yang mau bekerjasama dengan vendor untuk mendorong penetrasi penggunaan smartphone 4G di Indonesia. Ini kan bagian dari ekosistem yang diperlukan supaya layanannya optimal," tambah Rudiantara.

Terakhir, Menteri yang akrab disapa Chief RA itu meminta operator lebih memperhatikan desain distribusi kartu SIM ke pasar yang dipakai untuk layanan 4G agar tak bernasib seperti adopsi teknologi 3G di tahun 2006 silam yang kurang optimal.

Chief RA juga menyebutkan dirinya lebih menyukai layanan teklekomunikasi terbaru yang tersebar secara merata meskipun akan mengakibatkan kompetisi di antara operator telekomunikasi. "Ada kompetisi ya tidak apa-apa. Semakin banyak kompetisi maka akan semakin bagus untuk masyarakat," pungkasnya.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini