Sukses

Google Doodle Meriahkan Hari Ibu di Indonesia

Google Doodle ikut meriahkan perayaan Hari Ibu di Indonesia, dengan menampilkan gambar seorang ibu sedang bersama 2 anaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia selalu memperingati Hari Ibu setiap tanggal 22 Desember sebagai bentuk apresiasi bagi peran ibu baik bagi keluarga atau pun lingkungan sosialnya. Tidak mau kalau, Google melalui Google Doodle pun ikut merayakan Hari Ibu ini.

Jika Anda membuka lama Google pada hari ini, maka mesin pencari tersebut akan langsung menampilkan gambar seorang ibu yang terlihat sedang bersama 2 anaknya. Satu anak laki-laki dan satu anak perempuan dalam gendongan.

Dalam gambar tersebut, ibu terlihat sedang memperlihatkan buku bergambar pada anak perempuannya. Sedangkan anak laki-lakinya yang sedang tiduran mendengarkan cerita ibunya dengan kagum.

Pada gambar latar belakang, terlihat banyak objek-objek seperti roket, dinosaurus, planet, bintang hingga UFO. Gambar latar tersebut seakan ingin menunjukkan betapa besarnya peran ibu bagi perkembangan imajinasi anak.

Perayaan hari Ibu biasanya dilakukan dengan membebastugaskan ibu dari kerja-kerja domestik seperti memasak, mencuci baju dan pekerjaan rumah tangga yang lain.

Sejarah Hari Ibu di Indonesia sendiri dimulai pada tahun 1953. Pada waktu itu, Presiden Soekarno meresmikan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu, bersamaan dengan ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia tahun 1928.

Pada waktu itu, para perempuan Indonesia melakukan kongres di Yogyakarta tanggal 22 sampai 25 Desember 1928. Para perempuan kala itu berkumpul untuk ikut serta memikirkan kontribusi apa yang bisa dilakukan para perempuan untuk mencapai Indonesia merdeka.

Adapun Hari Ibu sendiri diperingati di banyak negara di dunia. Jika di Indonesia Hari Ibu diperingati tanggal 22 Desember, tidak demikian di negara lain. Di Amerika, Australia dan Jepang misalnya, Hari Ibu diperingati tiap hari Minggu kedua bulan Mei.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.
    Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.

    Hari Ibu

  • Google Doodle