Sukses

XL Targetkan 3 Juta Pengguna 4G Tahun Depan

Meskipun baru disediakan secara terbatas di kota-kota tertentu, XL mengaku optimis layanannya bakal disambut baik oleh pelanggan

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL) telah meluncurkan layanan 4G LTE (long term evolution) untuk pelanggan seluler di Indonesia. Saat ini layanan 4G LTE secara komersial baru tersedia di tiga kota besar yakni Yogyakarta, Medan dan Bogor.

Meskipun baru disediakan secara terbatas di kota-kota tertentu, XL mengaku optimis layanannya bakal disambut baik oleh pelanggan. XL menargetkan 3 juta pelanggan akan memakai layanan 4G LTE miliknya.

"Kita targetkan akan ada sekitar 3 juta pelanggan yang sudah pakai layanan 4G dari XL sepanjang tahun 2015 mendatang. Sementara ini kan masih di Bogor, Yogyakarta dan Medan, nanti akan lebih besar lagi karena kota lain sudah dibuka juga," kata Rahmadi Mulyahartono, Senior GM network Planning XL.

Sebagai salah satu usaha XL untuk mencapai target pengguna 4G, XL mendorong kesiapan ekosistem pendukung seperti handset berfitur 4G LTE. XL telah menyediakan paket bundling handset 4G LTE dengan LG dan Sony untuk pelanggan yang ingin menikmati layanan 4G-nya.

XL juga menyebutkan bahwa mereka akan menambah lagi mitra vendor smartphone untuk bundling. Mitra yang sedang dalam usaha pendekatan dengan XL ialah Samsung, Apple, HTC, Lenovo, Xiaomi, dan BlackBerry.

Operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia itu menyebutkan pelanggan layanan internet XL saat ini telah mencapai sekitar 32 juta atau 53 persen dari total 58,3 juta pelanggan. Sementara pelanggan XL yang telah menggunakan smartphone saat ini telah mencapai sekitar 14,6 juta pelanggan.

Layanan internet supercepat XL didukung oleh sekitar 100 Base Transceiver Station (BTS) di tiga kota yang telah dapat menikmati layanan 4G XL. Secara rinci XL menyebar 40 BTS miliknya di kota Jogjakarta dan Medan, sedangkan sisanya berada di Bogor.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini