Sukses

Indosat Malu Layanan 4G-nya Baru Bisa 35 Mbps

"Kami sebenarnya malu karena kecepatan 4G di 900 MHz dengan lebar pita 5 MHz baru bisa 35 Mbps, sedangkan 3G kami bisa mencapai 42 Mbps".

Liputan6.com, Jakarta - Acara peluncuran layanan 4G Long Term Evolution (LTE) Indosat tidak digelar besar-besaran. Rupanya operator seluler dengan 54,2 juta pelanggan itu mengaku malu karena kecepatan akses teknologi generasi keempat tersebut baru bisa maksimal di 35Mbps.

"Kami sebenarnya malu karena kecepatan 4G di 900 MHz dengan lebar pita 5 MHz baru bisa 35 Mbps, sedangkan 3G kami bisa mencapai 42 Mbps," tutur Alex di Grand Indonesia, Jakarta, Senin (22/12/2014).

Bahkan dalam sebuah kesempatan, Alex mengatakan bahwa sejumlah pihak menilai bahwa 35 Mbps yang ditawarkan oleh 4G LTE bukan the real LTE. "Mereka bilang, this is not the real LTE?," katanya.

Alex mengaku Indosat tidak merasa tersisih meski acara peluncuran komersial Super 4G LTE tidak dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Dia tak mempersoalkan hal tersebut, karena memang Indosat dari awal tak ingin membuat acara besar-besaran.

Lebih lanjut, Alex mengatakan bahwa kecepatan akses 4G LTE yang disuguhkan oleh Indosat akan jauh lebih baik pada tahun depan. Hal ini terutama karena pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) beberapa waktu lalu mengatakan bahwa rilis pemanfaatan frekuensi 1.800 MHz untuk 4G LTE kemungkinan akan dilakukan pada kuartal pertama tahun depan.

Di spektrum frekuensi 900 MHz, Indosat saat ini memiliki lebar frekuensi 10 MHz. Sedangkan di 1.800 MHz sebesar 20 Mhz. Menurutnya, ekosistem 4G LTE bisa dibilang siap jika 1.800 MHz sudah dimanfaatkan untuk teknologi generasi ke-empat tersebut.

"Kalau di 1.800 MHz, bisa lebih cepat karena di sana kami punya 20 MHz. Jadi kalau misalnya dipakai sebesar 10 MHz, kecepatannya bisa dua kali lipat dari sekarang," ungkapnya.

Kendati demikian, Indosat sangat mengapresiasi langkah pemerintah yang akhirnya memberikan izin kepada operator seluler untuk menggelar 4G LTE. Karena dengan begitu, ekosistemnya seperti handset, juga bisa berkembang lebih cepat. "Jadi smartphone yang kompatibel dengan 4G lebih banyak yang masuk ke Indonesia," sambungnya.

Seperti diketahui, pemerintah saat ini baru memberikan izin menggelar layanan 4G LTE di frekuensi 900 MHz. Namun ke depan, secara bertahap akan diperluas di 1.800 MHz dan 2,1 GHz. (din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Indosat adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia.

    Indosat

  • 4G LTE

Video Terkini