Sukses

Lumpuh 9 Jam, Jaringan Internet Korut Kembali Pulih

Jaringan internet Korea Utara (Korut) kembali aktif pada Selasa, waktu setempat, setelah 9 jam 31 menit down.

Liputan6.com, Jaringan internet Korea Utara (Korut) kembali aktif pada Selasa, waktu setempat, setelah 9 jam 31 menit down. Namun menurut perusahaan yang memantau kinerja internet, Dyn Research, sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti terputusnya jaringan internet tersebut.

Dyn Research melaporkan bahwa empat jaringan internet di Korut yang sempat down, akhirnya telah pulih kembali. Meski penyebab masalah ini belum diketahui secara pasti, tapi muncul dugaan bahwa Amerika Serikat (AS) ada di baliknya.

Pasalnya, beberapa waktu lalu Federal Bureau of Investigation (FBI) mengklaim bahwa Korut adalah dalang dari serangan terhadap jaringan komputer Sony Pictures. Korut bersama dengan kelompok hacker Guardian of Peace (GOP) diduga menyerang Sony sebagai bentuk protes atas film The Interview, yang menceritakan tentang upaya pembunuhan pimpinan Korut, Kim Jong Un.

Tak lama setelah itu, Presiden Barack Obama mengatakan bahwa AS akan merespon secara proporsional dengan serangan di waktu dan tempat, serta cara yang mereka pilih. Alhasil, dugaan AS di balik lumpuhnya jaringan internet Korut mengemuka.

Lebih lanjut, Chief Scienties Dyn, Jim Cowie, mengatakan bahwa pola konektivitas tidak stabil dalam jangka waktu lama, serta diikuti dengan lumpuhnya jaringan, tampak seperti telah diserang dari luar. Namun masih ada kemungkinan lain.

"Tapi penyebabnya (internet down) bisa juga karena hal yang lebih umum, seperti masalah listrik," tuturnya, sebagaimana dilansir PC World, Selasa (23/12/2014). (din/dew) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini