Sukses

Berkabung, Logo AirAsia Berubah Warna Jadi Abu-abu

Sebagai ungkapan berkabung, AirAsia mengubah profil picture dan background situs dan laman Facebook dan Twitter resminya menjadi abu-abu,

Liputan6.com, Jakarta - Insiden pesawat hilang kembali terjadi. Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 hilang kontak sejak Minggu pagi (28/12/2014) dan belum juga ditemukan keberadaannya hingga kini.

Sebagai ungkapan tanda berkabung, AirAsia mengubah profil picture dan background laman akun Facebook dan Twitter resminya (@AirAsia) menjadi berwarna abu-abu.  

Demikian pula dengan situs AirAsia.com. Logo AirAsia yang biasanya berwarna merah kini berubah warna menjadi abu-abu. Di sebelah kanan kolom pencarian jadwal penerbangan, terpampang kolom besar yang juga berwarna abu-abu bertuliskan: Updates on AirAsia flight QZ8501.



Perubahan warna logo tersebut dilakukan tak lama setelah AirAsia mengeluarkan pernyataan resmi bahwa pesawat AirAsia QZ8501 telah kehilangan kontak dengan Air Traffic Control pada pukul 07.24 pagi WIB.



Dikritik Netizen

Menyusul perubahan warna logo AirAsia menjadi abu-abu, sejumlah pengguna Facebook melayangkan kritikan kepada AirAsia. Perubahan warna tersebut dianggap bahwa AirAsia seolah menunjukkan bahwa seluruh penumpang di pesawat nahas tersebut sudah meninggal.

"WTF…why you put grey? There is still hope", ujar pengguna Facebook bernama Lau King Chung.

"U should not change logo to black color. It makes people so sad. :’(", ujar Khamlu Varlaintai.

Namun bagaimanapun, netizen lainnya membela langkah yang dilakukan maskapai yang didominasi warna merah itu dan menyatakan bahwa perubahan warna logo merupakan tanda hormat perusahaan.

"They changed grey doesn’t meant they gave up or something happen. AA feel very sad. So we need to keep it up and trust mircale will happen! Let’s pray!" kata Francis Kua.

"Does anybody think that maybe the reason for the change is, that there is a plane missing,so all happy clappy cheerful pictures are not really good at this time?", kata Barney Wolf T.

"They also don’t know what happen, so why you guys have to know first? They change logo colour bcoz of the news, do they say any one dead ? If they do not change, somebody will say air asia not respect people, but when they do, people also said. Shame on you all. Just know how to talk2 infront fb only," celoteh pengguna Facebook bernama Miezan Aimie Cotton Crush.

Menurut keterangan, pilot sebelumnya melapor kepada petugas ATC untuk menyimpang dari rute penerbangan ke arah kiri dan meminta naik dari ketinggian 32 ribu ke ketinggian 38 ribu kaki. Permintaan tersebut untuk menghindari awan kumulonimbus atau awan tumpukan yang berisi hujan besar. Namun ATC hanya menyetujui permintaan perpindahan jalur. Selang 5 menit pesawat itu hilang kontak. 

AirAsia menegaskan bahwa ada 162 penumpang yang ikut terbang dalam pesawat nahas tersebut, terdiri dari 155 penumpang dan 7 awak. AirAsia QZ8501 lepas landas dari bandara internasional Juanda di Surabaya pada pukul 05:35 pagi dan kehilangan kontak pada jam 07.24 pagi WIB. Pesawat seharusnya tiba di Singapura pukul 08.30 pagi.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini