Sukses

Tips Jitu Bersihkan Kulkas dengan Cepat

Bagaimana cara membersihkan kulkas dengan baik dan benar serta tidak menyita banyak waktu? Berikut tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kulkas Anda bekerja setiap hari, menampung berbagai jenis makanan dan minuman. Walhasil, lama-kelamaan kulkas terlihat seperti lukisan abstrak yang biasa terdapat di museum seni. 

Tapi kesenian ini bersifat interaktif dan tentunya tidak menyenangkan. Bakteri dan bau serta noda dapat menyebar melalui kompartemen dan ke makanan lain. Dan itu tidak baik untuk kesehatan.

Lalu bagaimana cara membersihkan kulkas dengan baik dan benar serta tidak menyita banyak waktu? Berikut tips jitu membersihkan kulkas dengan mudah dan cepat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Siapkan Alat Pembersih

Siapkan Alat Pembersih

Siapkan cairan pembersih yang aman dan tidak mengandung senyawa kimia berat. Ada baiknya bila Anda menyiapkan larutan pembersih sendiri, seperti air yang dicampur cuka dengan perbandingan 1:1.

Sebagai pelengkap, gunakan kain lap dan spons untuk membersihkan kotoran, membilas bagian dalam, dan untuk mengeringkan lemari es. Siapkan juga sikat gigi bekas jika diperlukan untuk menyikat sela-sela rak yang kotor.

3 dari 6 halaman

Keluarkan Makanan

Keluarkan Makanan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memilih hari yang tepat ketika kulkas Anda belum terisi penuh dengan stok makanan dari supermarket. Tarik steker dan atur tombol suhu ke posisi off untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Jika masih ada makanan dalam kulkas, keluarkan semuanya dan pilah-pilah sesuai keadaan bahan makanan atau tanggal kadaluarsanya. Buang makanan yang telah busuk agar tidak menyebarkan bau atau kuman pada makanan lain yang masih fresh.

Kumpulkan makanan sesuai jenisnya ke dalam wadah terpisah. Gunakan pendingin untuk ikan, daging, sayuran, dan makanan lain yang mudah busuk.

4 dari 6 halaman

Bersihkan rak dan laci

Bersihkan rak dan laci

Lepas rak dan laci dari dalam kulkas dan rendam ke dalam air hangat yang telah diberi cairan antibakteri. Setelah itu sikat secara menyeluruh menggunakan sikat halus, seperti sikat gigi dan bilas hingga bersih.

Anda juga bisa membilasnya dengan perasan air lemon untuk memberikan aroma segar dan menghilangkan bau tak sedap. Selanjutnya jangan lupa untuk mengeringkan kulkas dengan kain lap kering dan bersih.

5 dari 6 halaman

Cairkan bunga es

Cairkan bunga es

Jika kulkas Anda dilengkapi freezer yang menghasilkan bunga es, maka Anda perlu mencairkannya secara berkala agar freezer tetap berfungsi dengan optimal. Untuk mencairkan bunga es dengan cepat, rebus satu atau dua panci air dan masukkan ke dalam freezer.

Lalu, tutup pintu freezer agar uap panas cepat mencairkan bunga es. Jika memungkinkan, ganti air dalam panci yang sudah dingin dengan air panas. Setelah itu bersihkan genangan air dalam freezer dengan kain lap kering dan buang potongan bunga es ke dalam wastafel.

6 dari 6 halaman

Bersihkan bagian luar kulkas

Bersihkan bagian luar kulkas

Setelah bagian dalam kulkas dirasa sudah bersih, disarankan untuk membersihkan bagian luar kulkas. Sebelum melakukan langkah ini lepas beberapa tempelan magnet yang melekat (jika aksesoris itu ada pada kulkas Anda).

Lalu, bersihkan dengan menggunakan kain lap, bilas, dan keringkan. Cuka yang telah dicairkan dengan air juga bisa digunakan untuk menjaga permukaan kulkas tetap mengkilap dan terlihat seperti baru.

Selamat mencoba...

(isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini