Sukses

Tinggalkan Bisnis PC, Vaio Garap Smartphone Android?

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan komputer pribadi alias PC dilaporkan mulai menurun sehingga mengakibatkan perusahaan pembuat komputer banting setir atau melebarkan sayap ke industri perangkat mobile. Hal serupa ternyata juga dilakukan Vaio Corporation.

Vaio dikabarkan memilih meninggalkan bisnis PC dan mulai berfokus pada produksi perangkat mobile. Perusahaan ini bahkan disebutkan bakal memamerkan perangkat mobile terbarunya di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2015 yang akan dihelat pekan depan.

Laporan terbaru yang diungkap media Jepang, Nikkei menyebutkan bahwa Vaio Corporation sedang mempersiapkan diri meluncurkan smartphone Android buatannya. Produk smartphone terbaru ini merupakan hasil kerjasama dengan mobile virtual network operator Japan Communication.

Mengutip laman Slashgear, Kamis (01/01/2015), perangkat Android buatan Vaio tersebut dilaporkan akan menggunakan layar seluas 5 inci. Ponsel Android Vaio itu juga akan dilengkapi aplikasi email serta fitur telepon dan video call.

Namun, masih belum ada informasi lebih lanjut seputar spesifikasi dari perangkat terbaru Vaio ini. Meski begitu, rumor yang beredar menyebutkan perangkat ini bakalan sepenuhnya beroperasi memakai sistem operasi Android.

Sekadar informasi, sebelumnya Vaio merupakan lini bisnis yang berada di dalam keluarga besar Sony. Awal tahun 2014, Sony telah resmi melepaskan diri dari industri komputer pribadi dengan melepas lini bisnis Vaio miliknya ke perusahaan investasi Japan Industrial Partners (JIP).

Transaksi penjualan perusahaan itu melibatkan dana sebesar USD 490 jutaan dan menjadikan Vaio sebagai perusahaan mandiri dengan nama Vaio Corporation. Sejak lepas dari Sony, Vaio telah meluncurkan beberapa produk yang masuk dalam kategori komputer jinjing alias notebook.

(den/isk)

Artikel Selanjutnya
2 Smartphone Pertama yang Kebagian Android Oreo, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Resmi, Android O Usung Nama Oreo