Sukses

Nyaris Tak Ada yang Pakai Android Lollipop

Penetrasi Android Lollipop bahkan tidak sampai 1 persen dari total keseluruhan perangkat Android yang ada saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Versi terbaru sistem operasi (OS) Android, 5.0 Lollipop, telah diluncurkan pada November tahun lalu. Tapi nyatanya, penetrasi Android Lollipop bahkan tidak sampai 1 persen dari total keseluruhan perangkat Android yang ada saat ini.

Saking kecilnya penetrasi Lollipop, OS itu tidak ada di dalam tabel informasi Platform Versions yang baru saja dirilis Google. Perangkat Android yang menjalankan Lollipop ternyata kurang dari 0,1 persen.

Menurut yang dilansir laman Business Insider, Senin (12/1/2015), salah satu penyebabnya adalah sangat sedikit ponsel yang bisa mendapatkan upgrade ke Lollipop. Kehadiran OS terbaru itu tergantung dari keputusan operator dan manufaktur ponsel.

Sementara Lollipop masih menjadi 'anak bawang', Android Jelly Bean berhasil menguasai pasar perangkat Android. Menurut data Google, 46 persen perangkat Android yang ada saat ini menjalankan OS tersebut.

Adapun komposisinya adalah 19,2 persen untuk versi Jelly Bean 4.1.x, 20,3 persen versi 4.2.x, dan sisanya sebesar 6,5 persen versi 4.3.



Sedangkan posisi kedua ditempati KitKat dengan 39,1 persen pangsa pasar. Selanjutnya Gingerbread dengan 7,8 persen, diikuti Ice Cream Sandwich 6,7 persen. Posisi lima besar ditutup oleh Froyo dengan 0,4 persen.

Data ini dikumpulkan selama 7 hari, yang berakhir pada 5 Januari 2015. Setiap versi dengan penetrasi kurang dari 0,1 persen tidak dirilis oleh Google.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.