Sukses

Inilah Kartu Memori NFC Pertama di Dunia

Toshiba meluncurkan kartu memori pertama yang dilengkapi dengan fitur near field communication (NFC) di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Fitur wireless alias nirkabel sudah semakin banyak diaplikasikan pada berbagai produk teknologi terkini. Kehadiran teknologi bluetooth dan near field communication (NFC) membantu makin banyak perangkat bisa lahir dengan kemampuan nirkabel.

Kamera profesional yang belakangan ini hadir dengan kemampuan terhubung tanpa kabel (wireless) ternyata mempengaruhi perkembangan perangkat lainnya, termasuk kartu penyimpanan SD card. Kartu memori SD pun kini dilengkapi fitur NFC.

Toshiba merupakan perusahaan pertama yang meluncurkan kartu memori SDHC dengan fitur NFC. Sedikit berbeda dengan SDcard wireless yang hanya berfungsi sebagai media transfer data, SDHC NFC dari Toshiba dapat menampilkan hasil gambar yang ada di dalamnya ke perangkat lain seperti PC ataupun mobile gadget lain.

Supaya bisa menampilkan gambar pada smartphone, pengguna bisa menginstal aplikasi bernama Memory Card Preview. Toshiba menghadirkan SDHC NFC buatannya dalam beberapa varian kapasitas mulai dari 8GB, 16GB, hingga 32GB dan pilihan kategori UHS speed class 1 dan SD speed class 10.

Namun untuk sementara, kartu memori NFC pertama di dunia ini masih belum dilengkapi kemampuan untuk mentransfer data langsung secara wireless. Rencananya, Toshiba akan meluncurkan produk SDHC NFC ini secara resmi pada bulan Februari mendatang.

Sayangnya, seperti dilansir laman Android Central, pihak perusahaan masih belum membeberkan informasi terkait harga untuk produk tersebut. Jadi kita tunggu saja informasi selanjutnya.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini