Sukses

Samsung Kalahkan Apple Soal Jumlah Paten

Samsung sukses meraih posisi kedua dari daftar perusahaan pemilik paten terbanyak di tahun 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Paten tentunya memiliki posisi penting di ranah industri teknologi yang terus berkembang. Setiap tahun, United States Patent and Trademark Office (USPTO) mengumumkan perusahaan mana yang paling banyak meraih hak paten dari lembaga tersebut.

Samsung sebagai raja ponsel dunia dikabarkan mendapat posisi kedua di jajaran perusahaan yang mendapatkan paten terbanyak di sepanjang tahun 2014. Perusahaan asal Korea Selatan itu mendapat 4.952 paten atau setara 13,5 paten yang setiap hari dilahirkan Samsung. Jumlah itu meningkat 5,9% dari tahun sebelumnya. 

Sedangkan Apple yang merupakan pesaing utama Samsung, menempati posisi ke-11 dengan 2.003 paten yang didapatkan di tahun 2014. Apple harus rela berada di belakang Panasonic meskipun meraih peningkatan sebanyak 13% dibanding tahun 2013.

Samsung disebutkan terlihat memiliki pertumbuhan yang cukup signifikan terkait paten yang didaftarkan perusahaan. Perusahaan ini sebelumnya memang terbelit urusan paten dengan Apple dan membuatnya harus membayar biaya tuntutan yang cukup besar.

Lantas, apakah mendaftarkan paten secara signifikan ini adalah sebuah cara untuk melindungi Samsung dari serangan perusahaan lain di masa depan?

Mengutip laman Ubergizmo, Google sendiri menempati posisi ke-8 soal kepemilikan paten, bertahan di posisi yang sama dari tahun sebelumnya. Perusahaan raksasa internet itu mengalami peningkatan sebesar 38,6% dari tahun ke tahun.

Sementara posisi teratas tetap berada di tangan IBM. Perusahaan teknologi ini tak bisa dianggap enteng dan memiliki rekor yang luar biasa. Sebab, mereka telah mempertahankan posisi puncak di kategori paten teknologi ini selama 22 tahun berturut-turut.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.