Sukses

Korut Sebar Malware via Situs Berita Nasional

Korut diduga secara sengaja menyematkan malware berbahaya pada situs berita nasional KCNA.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak terjadinya kasus peretasan (hacking) terhadap sistem keamanan komputasi Sony Pictures, aktivitas online di wilayah Korea Utara (Korut) kini berada di bawah pengawasan ketat FBI.

Kabar terkini menyebutkan, telah ditemukan kecurigaan bahwa Korut telah melakukan kejahatan cyber penyebaran malware. Uniknya, penyebaran malware ini dilakukan Korut melalui situs berita nasional Korean Central News Agency.

Dilansir laman Arstechnica, Rabu (14/1/2014), dugaan penyebaran malware yang dilakukan Korut ini pertama kali dihembuskan oleh seorang peneliti keamanan yang mengatasnamakan dirinya sebagai InfoSecOtter.

Melalui laman situs www.infosecotter.com, sang peneliti mengatakan bahwa Korut secara sengaja menyematkan malware berbahaya pada situs berita nasional KCNA. Malware yang diklaim berfungsi sebagai mata-mata ini disembunyikan pada sebuah fitur updater piranti lunak Flash yang digunakan untuk memutar konten video pada laman situs.

Jika updater tersebut di-install, maka secara otomatis perangkat pengguna akan terjangkit malware mata-mata. Dengan begini Korut dapat mengawasi gerak-gerik online, termasuk data-data pribadi milik pengguna perangkat.

Tak hanya InfoSecOtter, hasil scanning yang dilakukan situs Virustotal juga menyimpulkan bahwa laman KCNA sangat potensial menyebarkan malware. Virustotal menyebutkan malware tersemat pada saat proses loading page dari satu laman ke laman lain.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.