Sukses

Stop Tiru Apple, Xiaomi Makin Pede Kuasai Pasar

Tak hanya Apple yang perlu khawatir dengan manuver Xiaomi, Samsung pun wajib waspada.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi tak lagi meniru Apple! Mungkin ini adalah kesimpulan yang dapat ditarik setelah Xiaomi akhirnya mengumumkan produk terbarunya, phablet Mi Note.

Mi Note bukan hadir sebagai 'kloningan' iPhone 6 Plus, melainkan sebagai pesaing. Mi Note bahkan memiliki dimensi body yang lebih tipis, layar yang lebih besar dan baterai yang juga lebih besar. Namun yang membuatnya terasa begitu gemilang adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan iPhone 6 Plus.

Ya, Xiaomi hanya memberi banderol US$ 379 untuk phablet anyarnya itu, bandingkan dengan iPhone 6 Plus yang dijual dengan harga US$ 749.

Pede (percaya diri) dengan produk besutannya, di atas panggung peluncuran Mi Note yang berlangsung kemarin, Kamis (15/1/2014), CEO Xiaomi Lei Jun tak segan membandingkan produknya itu dengan iPhone 6 Plus.

Terlebih kini Jun dapat dengan bangga menyatakan secara tegas bahwa produknya tak lagi meniru iPhone. Ia menyebutkan bahwa Mi Note adalah perangkat yang lebih indah dan sama sekali tidak mirip dengan iPhone.

Untuk urusan pangsa pasar, dilansir laman Business Insider, Jumat (16/1/2014), Jun mengaku bahwa sasaran utama perusahannya dengan Mi Note adalah menguasai pasar kampung halaman mereka sendiri, Tiongkok.

Tak hanya Apple yang perlu khawatir dengan manuver Xiaomi, Samsung pun wajib waspada. Tak berbeda dengan Apple, Samsung pun masih mengandalkan seri smartphone premium berharga mahal untuk merajai pasar.

Bahkan menurut laporan IDC, kehadiran Xiaomi sudah sangat mampu mempengaruhi pendapatan keuntungan Samsung di kuartal terakhir tahun 2014 kemarin. IDC mencatat keuntungan Samsung turun 37% di penghujung tahun 2014.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Xiaomi Mi Note

Spesifikasi Xiaomi Mi Note

Mi Note memiliki ketebalan 6,95 milimeter, sedangkan iPhone 6 Plus ketebalannya mencapai 7,1 milimeter. Di sektor dapur pacu, Mi Note dipersenjatai dengan prosesor quad-core 2.5GHz Qualcomm Snapdragon 801 dan GPU Adreno 330. Selain itu juga terdapat RAM 3GB, memori internal 16/64GB, dan dukungan dual kartu SIM 4G.

Mi Note juga memiliki kamera utama 13 megapiksel (MP) dengan aperture f/2.0 dan optical image stabilization. Kamera ini dilengkapi dengan dual flash.

Sedangkan bagian depannya terdapat kamera 4 MP. Perangkat dengan berat 161 gram ini disokong baterai 3.000 mAh. Smartphone ini menjalankan software terbaru, MIUI 6.

Mi Note dijual dengan harga berkisar US$ 371 atau sekitar 4,6 jutaan untuk versi 16GB, dan US$ 451 atau sekitar Rp 5,6 jutaan untuk versi 64GB.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini