Sukses

Manufaktur Prosesor Raih Untung Besar Berkat Apple

Pesanan chipset dari Apple untuk perangkat iPhone menjadi salah satu faktor meningkatnya keuangan di TSMC.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah perusahaan mulai mengumumkan laporan keuangan yang telah diraihnya di kuartal akhir 2014. Salah satunya Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Limited (TSMC).

Manufaktur pembuat prosesor itu menyebutkan, terdapat peningkatan yang cukup signifikan dalam pembukuan perusahaan. Pesanan chipset dari Apple untuk perangkat iPhone menjadi salah satu faktor meningkatnya keuangan di TSMC.

TSMC berhasil mengantongi laba bersih sebesar US$ 2,51 miliar pada kuartal akhir 2014. Pada kuartal tersebut TSMC membukukan pendapatan sebesar US$ 7,02 milyar, naik 53% dari kuartal sebelumnya.

Perusahaan juga menyebutkan tahun 2014 sebagai tahun terkuat perusahaan, dengan peningkatan keuntungan sebesar 40% dari US$ 59,3 milyar di 2013 menjadi US$ 8,33 milyar pada periode operasional 2014.

Raihan itu menjadikan TSMC sebagai perusahaan pembuat chip kontrak terbesar dari sisi pendapatan. Pihak perusahaan berencana meningkatkan pengeluaran dari US$ 9,52 milyar tahun lalu menjadi US$ 12 milyar di tahun 2015.

Mengutip laman Digitimes, TSMC rencananya akan meningkatkan jumlah pengeluaran di sisi belanja modal untuk mempercepat proses migrasi pembuatan chip ke teknologi yang lebih maju.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.