Sukses

iPhone Generasi Terbaru Akan Pakai RAM Lebih Besar

Sebuah rumor terbaru yang beredar menyebutkan bahwa iPhone generasi berikutnya akan mendapat peningkatan di sisi RAM.

Liputan6.com, Jakarta - Apple bisa dibilang tertinggal dalam hal smartphone dengan RAM yang besar. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus misalnya, kedua smartphone terbaru andalan Apple itu masih menggunakan RAM 1 GB, sementara pesaingnya sudah ‎pakai RAM  2 GB.

RAM yang lebih kecil di dua smartphone Apple itu sempat membuat perusahaan yang berbasis di Cupertino, California itu dicemooh banyak orang. Namun, Apple sepertinya tak mau tinggal diam.

Sebuah rumor terbaru yang beredar menyebutkan bahwa iPhone generasi berikutnya akan mendapat peningkatan di sisi RAM. Rumor itu menyebutkan iPhone 6S yang akan menjadi generasi iPhone mendatang akan dipersenjatai RAM berkapasitas 2 GB.

‎Mengutip laman Phone Arena, Senin (19/1/2015), kabar yang berasal dari Taiwan itu menyebutkan iPhone 6S bakal memakai RAM 2 GB dengan teknologi LPDDR4. RAM tipe baru ini akan mampu meningkatkan bandwidth menjadi 34Gbps tanpa membutuhkan tambahan daya. Itu merupakan keunggulan yang sebelumnya tak ada di RAM LPDDR3 yang sudah banyak digunakan di berbagai smartphone.

Apple sendiri dikabarkan sempat mengalami saat sulit dalam memutuskan komponen RAM untuk iPhone mendatang. Pasalnya, harga RAM berteknologi LPDDR4 disebutkan 35% lebih tinggi dibandingkan LPDDR3.

Kekhawatiran soal suplai yang terbatas juga ditengarai menjadi pertimbangan Apple. Akan tetapi, perusahaan itu menilai bisa mengatasi masalah keterbatasan itu setelah salah satu penyuplai bernama Micron masuk dalam list Apple.

Micron nantinya akan menyuplai RAM iPhone 6S sebesar 20% dari total produksi Apple. Perusahaan lain adalah Samsung dan Hynix yang akan‎ menangani produksi pesanan Apple masing-masing sebesar 30% dan 50%.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini