Sukses

Facebook Basmi Peredaran Berita Hoax

Sebuah fitur yang dapat digunakan pengguna untuk menandai sebuah berita hoax pun dihadirkan di Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Hembusan sebuah isu atau berita bohong (hoax) kerap dimulai dari media sosial. Facebook merupakan salah satu media sosial yang sering dimanfaatkan untuk menyebarluaskan berita bohong.

Menanggapi kondisi tersebut, pihak Facebook akhirnya mengambil langkah serius untuk memberantas peredaran berita-berita hoax di layanan mereka. Sebuah fitur yang dapat digunakan pengguna untuk menandai sebuah berita hoax pun dihadirkan.

Dilansir laman Reuters, Rabu (21/1/2014), fitur baru tersebut berupa sebuah opsi yang dapat digunakan pengguna untuk menandai sebuah artikel atau bentuk posting lainnya yang mengandung berita hoax atau dan sengaja dibuat untuk menipu.

Selain mengandalkan partisipasi pengguna, Facebook juga akan menggunakan penghitungan algoritma untuk menentukan layak atau tidaknya sebuah postingan muncul di laman mereka.

Fungsi Facebook sendiri kini telah bergeser menjadi media sosial yang memuat banyak berita. Namun sayang, banyak pihak yang sengajamem-posting atau memberikan tautan link berisi kabar hoax untuk menipu publik.

Bahkan sejumlah isu sensitif seperti berita-berita perpolitikan kerap diselewengkan oleh para pengguna Facebook yang tak bertanggung jawab.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini