Sukses

Bill Gates Jebak Presenter Kondang Minum Air dari Kotoran Manusia

Bila telah selesai dikembangkan nanti, Omniprocessor diklaim bakal mampu memproduksi hingga 86.000 liter air bersih per hari.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Microsoft Bill Gates hadir di acara bincang-bincang 'Late Night Show With Jimmy Fallon' untuk membicarakan proyek inovatif 'Omniprocessor' yang sedang dikembangkan oleh yayasan filantropisnya, Bill & Melinda Gates.

Omniprocessor sendiri merupakan proyek mesin canggih yang dirancang dan dibangun oleh Janicki Bioenergy --sebuah perusahaan mesin raksasa di Seattle. Teknologi Omniprocessor dapat mengubah kotoran manusia menjadi air bersih, listrik dan abu.

Di acara malam itu, Gates menawarkan presenter kondang Jimmy Fallon untuk memilih satu dianatara dua gelas air putih yang disajikan. Dan Jimmy pun memilih untuk meminum gelas nomor dua yang menurut dia 'rasanya cukup bagus'.

"Rasanya enak. Aku cukup yakin ini air yang berasal dari botol minuman bukan?," tanya Jimmy setelah meminum air di gelas nomor dua tersebut sampai habis.

Tanpa sepengetahuan Jimmy, kedua gelas tersebut ternyata berisi air dari kotoran manusia yang diproses menggunakan mesin Omniprocessor. "Semuanya berisi air hasil olahan tinja," ujar Gates sembari tertawa puas.

"Tak bisa dipercaya Bill Gates melakukan ini padaku," kata Jimmy dengan sangat terkejut.

Dalam acara tersebut Gates menerangkan, lebih dari 2 miliar orang di dunia ini tidak memiliki akses kepada air bersih dan sanitasi yang layak. Melalui yayasannya, Gates pun menantang para insinyur dan ilmuwan untuk menciptakan sebuah alat inovatif yang dapat menjadi solusi permasalahan ini.

"Kami menantang para insinyur untuk mengubah limbah sekaligus menyingkirkan limbah dengan cara yang murah," ungkap Gates pada Jimmy seperti yang dikutip dari laman Business Insider.

Mesin Omniprocessor diyakini Gates dapat menjadi solusi yang sangat potensial. Bila telah selesai dikembangkan nanti, Omniprocessor diklaim bakal mampu memproduksi hingga 86.000 liter air per hari dan listrik 250KW yang berasal dari limbah 100.000 orang.



(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.