Sukses

iPhone Kuasai Negeri Paman Sam

Kesuksesan Apple dengan iPhone di pasar ponsel sudah tidak diragukan, termasuk di Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan Apple dengan iPhone di pasar ponsel sudah tidak diragukan lagi, termasuk di Amerika Serikat (AS). Menurut data Consumer Intelligence Research Partners (CIRP), iPhone berhasil mendominasi pasar ponsel di negara asalnya tersebut.

Dilansir Phone Arena, Sabtu (24/1/2015), CIRP merilis data bahwa 50 persen dari total ponsel yang terjual di Negeri Paman Sam pada kuartal ke empat (Q4) 2014 adalah iPhone. Rival utama Apple, Samsung menempati posisi kedua dengan 26 persen pangsa pasar.

Vendor ponsel asal Korea Selatan, LG berada di posisi ketiga dengan 11 persen pangsa pasar, diikuti Motorola 4 persen, HTC 2 persen, dan Nokia 2 persen. Sedangkan sisanya dimiliki vendor lain seperti Amazon dan BlackBerry.

Salah satu pendiri CIRP, Josh Lowitz, mengungkapkan bahwa dua seri iPhone terbaru berhasil menguatkan posisi Apple di pasar ponsel.

"Kekuatan peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada September berhasil membantu Apple mendominasi penjualan ponsel pada kuartal ini (Q4 2014)," jelas Lowitz.

Tak hanya itu, menurut data CIRP, loyalitas konsumen Samsung dan LG mengalami penurunan. Berdasarkan survei, 25 persen pengguna Samsung dan 18 persen pengguna LG yang menggunakan ponsel baru beralih ke iPhone.

Data yang dirilis CIRP ini adalah hasil survei 500 pengguna, yang mengaktifkan atau sudah menggunakan ponsel selama Oktober-Desember 2014 di AS.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini