Sukses

Paus Fransiskus: Letakkan Smartphone dan Mulailah Berbaur

Paus Fransiskus mengatakan bahwa kita sekarang ini hanya bisa 'menghasilkan dan mengkonsumsi informasi'.

Liputan6.com, Jakarta - Paya perayaan World Communications Day yang ke-49, Paus Fransiskus menyerukan kepada masyarakat dunia untuk 'belajar kembali bagaimana berbicara dengan satu sama lain'.

Berkaitan dengan dunia teknologi, pemimpin umat Katolik itu mengatakan bahwa kita sekarang ini hanya bisa 'menghasilkan dan mengkonsumsi informasi'.

"Tantangan besar yang kita hadapi saat ini adalah untuk mempelajari kembali bagaimana berbicara satu sama lain, tidak hanya bagaimana untuk menghasilkan dan mengkonsumsi informasi," ujar Paus.

Tahun lalu, Paus bahkan berkomentar bahwa generasi muda saat ini terlalu banyak membuang waktu, seperti mengobrol di internet atau melalui smartphone.

"Media komunikasi modern, yang merupakan bagian penting dari kehidupan bagi generasi muda pada khususnya, dapat menjadi bantuan dan sekaligus hambatan untuk berkomunikasi dengan keluarga.

Di era komunikasi massa seperti sekarang ini, pesan tersebut tampaknya bertujuan meyakinkan seseorang untuk meletakkan ponsel mereka dan mulai berbicara satu sama lain.

Dilansir Mirror, Minggu (25/1/2015), namun sepertinya Paus Francis harus mempraktekkan apa yang ia katakan, mengingat dirinya aktif menggunakan Twitter lewat akun peibadinya, @Pontifex, yang kini memiliki 5,38 juta follower.

(isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini