Sukses

Bos Google: Internet Akan `Lenyap` di Masa Depan

'Lenyap' yang dimaksudkan oleh Schmidt sendiri mengarah pada tren 'Internet of Things' yang kini mulai tumbuh.

Liputan6.com, Davos - Eric Schmidt, mantan CEO yang kini menjabat sebagai Chairman Google melontarkan sebuah pendapat yang cukup mencengangkan. Pada acara World Economic Forum yang berlangsung di Davos, Swiss, Schmidt menyatakan bahwa internet akan 'lenyap' di masa depan.

Ia mengeluarkan pernyataan itu setelah diminta pendapatnya terkait perkembangan internet di masa yang akan datang. Dengan ringan Schmidt pun menjawab, "Jawabannya sangat sederhana, internet akan 'lenyap'."

'Lenyap' yang dimaksudkan oleh Schmidt sendiri mengarah pada tren 'Internet of Things' yang kini mulai tumbuh. Menurut Schmidt, nantinya internet akan tersemat di seluruh lini kehidupan manusia.

Internet tak hanya akan ada di perangkat mobile dan PC saja, melainkan internet akan tersedia di perangkat rumah tangga, mobil, dan seluruh hal yang berinteraksi dengan kegiatan manusia sehari-hari. Kondisi ini membuat kehadiran internet seperti tak disadari, alias seakan-akan 'lenyap'.

"Nantinya akan ada sangat banyak alamat IP, begitu banyak perangkat, berbagai jenis sensor di seluruh perangkat yang Anda kenakan. Anda akan terus-menerus berinteraksi dengan internet tanpa disadarai," ujar Schmidt seperti yang dikutip dari laman Business Insider, Senin (26/1/2014).

Internet of Things sendiri kini telah menjadi tren baru di industri teknologi. Kebutuhan manusia akan internet memang tak lagi terbendung. Hal ini pun dimanfaatkan oleh para produsen perangkat teknologi untuk merilis produk-produk yang terkoneksi dengan internet.

Internet of Things atau dikenal juga dengan sebutan 'IoT' pada dasarnya adalah ide bahwa seluruh produk bisa terhubung ke internet dan saling berkomunikasi setiap hari. Salah satu contohnya adalah kulkas, televisi, atau kendaraan yang bisa terhubung ke jaringan internet.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini