Sukses

Alasan Kenapa Facebook Lebih Baik Dibanding Google

Facebook mampu memberi rasa aman bagi investor karena CEO mereka, Mark Zuckerberg, memiliki visi yang jelas.

Liputan6.com, Jakarta - Analis Ben Schachter dari lembaga keuangan Macquarie Research dalam laporannya menyebutkan bahwa Facebook lebih menguntungkan bagi investor dibanding perusahaan rakasasa internet, Google.

Menurut Schachter, Facebook mampu memberi rasa aman bagi investor karena CEO mereka, Mark Zuckerberg, memiliki visi yang jelas. Zuck --panggilan akrab Zuckerberg-- selalu membagi informasi secara rinci rencana perusahaan kepada investor. Zuck pun selalu mendeskripsikan rencana tersebut secara sistematis untuk jangka tiga, lima, hingga 10 tahun ke depan.

"Saya melihat laporan keuangan Facebook di Q3 2014 kemarin adalah laporan keuangan paling transparan di antara perusahaan berbasis internet lainnya," jelas Schachter seperti yang dikutip dari laman Bloomberg, Kamis (29/1/2014).

Schachter memberi contoh kasus terkait masa depan perangkat headset virtual reality Oculus VR. Saat mengakuisisi Oculus, Facebook memberikan laporan rencana pengembangan Oculus VR yang tidak muluk-muluk kepada calon investor.

Namun laporan tersebut sangat transparan dengan menyertakan langkah demi langkah apa yang akan dilakukan Facebook dengan perangkat inovatif tersebut. Transparansi inilah yang menarik minat investor, dan menjadi penyebab utama mengapa Facebook sangat dicintai oleh investor.

Apa yang dilakukan Facebook, ungkap Schachter, seharusnya diikuti oleh Google, Amazon, dan perusahaan internet lainnya karena mereka membutuhkan investor dengan dana besar di masa mendatang.

"Investor selalu ingin tahu perkembangan dan melakukan riset untuk turut mengukur pencapaian, bukan hanya mendengarkan jaminan dan janji-janji dari manajemen," kata Schachter. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini