Sukses

Ini Penyebab Tumbangnya Facebook dan Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok hacker mengklaim telah melakukan serangan kepada Facebook, Instagram dan Tinder pagi ini. Akibatnya, jutaan pengguna tidak bisa mengakses data pribadi mereka di situs kencan dan jejaring sosial tersebut pada pukul 06.30 waktu Inggris.

Kelompok hacker kenamaan, Lizard Squad, secara online muncul dengan mengatakan bahwa mereka yang melakukan hal tersebut. Sebuah pesan yang di-posting dari akun Twitter mereka, @LizardMafia, mengisyaratkan situs MySpace, AOL Instant Messenger, dan Hipchat juga down .


Atas kejadian ini Facebook dilaporkan tidak bisa diakses melalui browser, sementara pengguna yang memakai aplikasi mobile tidak dapat menerima update news feeds.

Instagram juga diperkirakan down pada waktu yang sama yaitu sekitar pukul 06.30 waktu Inggris. Juru bicara Instagram mengkonfirmasi hal ini di Twitter, namun tweet tersebut kemudian dihapus.

"Kami menyadari hal ini dan kami akan terus memperbaiki. Terima kasih atas kesabaran Anda," tulis juru bicara Facebook, seperti dikutip dari laman Mirror, Selasa (27/1/2015).

Namun saat ini Facebook dan Instagram sudah bisa digunakan secara normal.

Lizard Squad menjadi sangat terkenal setelah melakukan serangan DDoS (Distributed Denial-of-Service) kepada Sony dan Microsoft saat perayaan Natal tahun lalu.

Serangan DDoS adalah jenis serangan dengan cara memenuhi trafik server situs yang bersangkutan hingga situs menjadi lambat dan sulit diakses.

(isk/dew)

 

Artikel Selanjutnya
Tesla Bakal Punya Layanan Streaming Musik Sendiri?
Artikel Selanjutnya
Mark Zuckerberg Ungkap Misi Facebook Selanjutnya, Apa Itu?