Sukses

Facebook & Instagram Bantah Diserang Hacker

Facebook dan Instagram membantah diserang kelompok hacker Lizard Squad, yang menyebabkan layanannya sempat down.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook dan Instagram membantah diserang kelompok hacker Lizard Squad, sehingga menyebabkan keduanya sempat down sementara. Bantahan ini disampaikan oleh seorang juru bicara Facebook.

Juru bicara Facebook mengatakan, lumpuhnya dua layanan tersebut beberapa waktu lalu bukan disebabkan serangan pihak ketiga. Sebaliknya karena ada perubahan di internal.

"Ini (down) bukan karena serangan pihak ketiga, melainkan terjadi setelah kami memperkenalkan satu perubahan yang berdampak kepada sistem konfigurasi kami," ungkap juru bicara tersebut seperti dilansir The Verge, Selasa (27/1/2015).

Juru bicara itu menjelaskan bahwa para engineer bergerak cepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. "Kedua layanan (Facebook dan Instagram) telah kembali 100 persen," sambungnya.

Pernyataan Facebook ini berbanding terbalik dengan laporan sebelumnya. Periode down layanan Facebook dan Twitter bersamaan dengan layanan lain yaitu Tinder, AIM, dan Hipcat. Lizard Squad berkicau di Twitter mengenai lumpuhnya layanan-layanan tersebut, sehingga muncul dugaan bahwa mereka adalah dalangnya.

"Facebook, Instagram, Tinder, AIM, Hipchat #offline #LizardSquad," kicau Lizard Squad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini