Sukses

Penjualan iPad Jeblok, Bos Apple Tetap Pede

Tablet iPad diyakini akan kembali berjaya, khususnya di segmen pasar korporat.

Liputan6.com, Jakarta - Berbanding terbalik dengan pencapaian Apple yang berhasil menjual 74,5 juta iPhone pada kuartal pertama 2015. Angka penjualan iPad justru dilaporkan jeblok.

Menurut yang dilaporkan laman Business Insider, Rabu (28/1/2015), angka penjualan iPad turun 18% dibandingkan periode yang sama tahun 2014 lalu.

Apple diungkapkan 'hanya' mampu menjual 21,4 juta unit iPad, lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang mampu mencapai 26 juta unit. Angka penjualan tersebut juga sedikit lebih rendah dari prediksi Wall Street yang mencapai 22 juta unit.

Meski begitu, CEO Apple Tim Cook mengaku tetap optimis dengan masa depan perangkat tablet besutan perusahaannya itu. Cook memang tidak menjamin angka penjualan iPad akan kembali meningkat dalam waktu dekat. Namun untuk jangka panjang, iPad diyakini akan kembali berjaya, khususnya di segmen pasar korporat.

Apple sendiri telah melakukan kerjasama dengan IBM untuk memasarkan tablet iPad ke pasar korporat. Bahkan 80% pembelian iPad di kuartal pertama 2015 kemarin disebutkan berasal dari kalangan korporat yang memang terikat kemitraan dengan IBM.

Untuk wilayah penjualannya sendiri, 50% konsumen iPad tercatat terkonsentrasi di tiga negara maju, yakni Amerika Serikat, Inggris dan Jepang. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.