Sukses

Apple Jungkalkan Xiaomi di Tiongkok

Sebuah data riset mengungkap, Apple berhasil mencapai posisi puncak di daftar vendor smartphone di China.

Liputan6.com, Tiongkok - Peluncuran dua smartphone terbaru Apple memperoleh sukses yang cukup memuaskan bagi perusahaan. Sebuah data riset mengungkap bahwa perusahaan asal Cupertino tersebut berhasil mencapai posisi puncak dalam daftar vendor smartphone di Tiongkok.

Hasil riset pasar yang dilakukan Canalys, seperti dilansir Phone Arena, Jumat (30/1/2015), menunjukkan Apple berhasil menggeser posisi Xiaomi di puncak daftar vendor smartphone di Negeri Tirai Bambu. Kesuksesan ini membuktikan Apple memiliki peminat yang cukup besar di pasar smartphone Negeri Tirai Bambu.

Kedua smartphone teranyar Apple, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus disebutkan jadi salah satu pendukung kesuksesan Apple menguasai pasar China. iPhone 6 berlayar 4,7 inci dan iPhone 6 Plus berlayar 5,5 inci disebut sukses mengalahkan popularitas smartphone layar besar buatan vendor lain.

Layar berukuran besar yang dilengkapi dukungan teknologi 4G LTE di kedua iPhone terbaru itu cukup berhasil memikat hati para pengguna smartphone di Tanah Tiongkok. Bahkan, produk ini bisa mengalahkan popularitas smartphone buatan Xiaomi yang terbilang lebih murah.

Sebelum Xiaomi, Samsung pernah merajai pasar smartphone China hingga akhirnya terjungkal di kuartal kedua 2013. Keberhasilan Apple mencetak rekor penjualan smartphone sebanyak 74,5 juta unit di kuartal akhir 2014, membuatnya berhasil menjungkalkan Xiaomi dari singgasana penjual smartphone di China.

Namun, Apple disebutkan harus berhati-hati dengan 'serangan balik' yang mungkin dilakukan Xiaomi untuk merebut posisi puncak sebagai vendor smartphone di China. Kehadiran Mi Note yang diterima dengan baik di pasar China diprediksi akan mengganggu posisi Apple.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.