Sukses

Foxconn Bakal PHK Karyawan Besar-besaran?

Foxconn dikabarkan tengah menyiapkan langkah pengurangan tenaga kerja dalam jumlah besar.

Liputan6.com, Taiwan - Foxconn cukup populer sebagai perusahaan manufaktur yang menangani pesanan perusahaan-perusahaan top dunia. Perusahaan ini juga menjadi salah satu supplier utama Apple untuk pembuatan iPhone dan iPad.

Kabar tak sedap muncul dari Foxconn. Perusahaan manufaktur asal Taiwan tersebut dikabarkan tengah menyiapkan langkah pengurangan tenaga kerja alias PHK (pemutusan hubungan kerja) dalam jumlah besar.

Mengutip laman MacRumors, Sabtu (31/1/2015), pengurangan karyawan itu disebabkan melambatnya laju pertumbuhan laba yang diraih perusahaan. Penjualan yang menurun ditengarai penyebab lambatnya laju pertumbuhan laba Foxconn.

Foxconn mengaku memiliki karyawan yang sangat banyak di semua fasilitas produksinya. Ketika masuk masa produksi puncak, Foxconn mempekerjakan hingga 1,3 juta orang.

Bahkan ketika iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dipesan Apple, Foxconn harus menambah 100 ribu pekerja lagi agar bisa memenuhi pesanan tersebut. Jumlah karyawan Foxconn itu membuatnya menjadi salah satu perusahaan swasta terbesar di dunia.

Pihak Foxconn sendiri masih belum memberikan konfirmasi berapa jumlah pekerja yang akan dirumahkan dan target waktu pengurangan pegawai tersebut.

Akan tetapi, menurut juru bicara Foxconn Louis Woo, saat ini biaya untuk tenaga kerja perusahaannya meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2010.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini