Sukses

Microsoft Cari Pelajar Muda Untuk Bertarung di Internasional

Imagine Cup, kompetisi teknologi untuk pelajar dan mahasiswa yang rutin digelar setiap tahun oleh Microsoft kembali dibuka.

Liputan6.com, Jakarta - Imagine Cup, kompetisi teknologi untuk pelajar dan mahasiswa yang rutin digelar setiap tahun oleh Microsoft kembali dibuka. Tahun ini kompetisi Imagine Cup 2015 dibagi menjadi tiga, yaitu Games, Innovation dan World Citizenship.

"Microsoft mengajak para pelajar dan mahasiswa berbakat Indonesia untuk ikut berkarya melalui pengembangan aplikasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat", kata Anthonius Henricus, Developer Experience Director Microsoft Indonesia.

Dalam keterangan tertulis yang kami terima Kamis (29/1/2015) disebutkan, Imagine Cup merupakan bagian dari program Citizenship Microsoft sebagai wujud komitmen perusahaan untuk mengembangkan bakat anak muda menjadi digital entrepreneur.

"Komitmen kami ini sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan kewirausahaan, salah satunya di bidang teknologi informasi, agar dapat mengurangi pengangguran", jelasnya.

Seleksi babak pertama Imagine Cup 2015 di Indonesia telah dibuka hingga 28 Februari 2015. Para pelajar dan mahasiswa Indonesia dapat mengirimkan URL video tim berdurasi maksimal 10 menit yang menjelaskan tentang aplikasi yang dikembangkan ke website Imagine Cup.

Dari seluruh video yang dikirimkan, tim juri Imagine Cup 2015 akan menentukan 5-8 tim terbaik pada masing-masing kompetisi yang berhak memasuki babak semifinal Indonesia. Seluruh tim semifinalis nantinya akan mempresentasikan aplikasi mereka dengan Bahasa Inggris di depan para tim juri, pada tanggal 14 Maret 2015 di kantor Microsoft Indonesia, Jakarta.

Tiga tim terbaik dari masing-masing kompetisi berhak masuk ke babak final Imagine Cup 2015 Indonesia pada bulan Maret 2015 dan mempresentasikan karya aplikasi mereka di hadapan tim juri dan publik.

Hadiah

Satu tim terbaik pada kompetisi Innovation dan Games Imagine Cup 2015 akan memperoleh hadiah Rp 50 juta, sedangkan pada kompetisi World Citizenship satu tim pemenang akan memperoleh hadiah Rp 100 juta.

Selain itu, ketiga tim tersebut akan menjadi wakil Indonesia untuk bertanding pada tingkat Worldwide Semifinal yang rencananya akan diselenggarakan secara online. Jika tim Indonesia berhasil pada tingkat ini, maka tim tersebut berkesempatan mengikuti Imagine Cup tingkat Worldwide Final yang akan diadakan di Seattle, Amerika Serikat pada bulan Juli 2015.

Tahun ini, Imagine Cup juga disponsori oleh Telkom selaku sponsor utama yang menfasilitasi dukungan infrastruktur teknologi yang diperlukan dalam Acara Imagine Cup 2015, dan United States Agency for International Development (USAID) yang khusus mendukung kategori World Citizenship.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kompetisi Imagine Cup 2015, silakan kunjungi www.imaginecup.com.

Sepak Terjang Tim Indonesia

Indonesia telah berpartisipasi di ajang Imagine Cup sejak tahun 2005 dan membuktikan prestasi anak bangsa di tingkat dunia. Pada tahun 2013, tim Indonesia yang diwakili oleh tim Solite Studio, mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Madura, berhasil meraih juara kedua kompetisi Games pada Imagine Cup 2013, dengan game-nya “Save The Hamsters”.

Pada tahun 2014, tim DigiD2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, IDE DELTA dari Institut Teknologi Bandung, dan New Eleven Del dari Institut Teknologi Del, Sumatera Utara berhasil mencapai tahap Worldwide Semifinal.

(dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini