Sukses

Tips Ubah Smartphone Android jadi Webcam Portabel

Berikut adalah cara mudah untuk mengubah smartphone Android menjadi webcam portabel.

Liputan6.com, Jakarta - Webcam Anda rusak saat ingin melakukan video chat via PC menggunakan Skype atau layanan video conferencing lain? Jangan khawatir, ada solusi sederhana yang bisa Anda coba.

Namun pada artikel tips kali ini hanya berlaku pada perangkat berbasis Android. Berikut adalah cara mudah untuk mengubah smartphone Android menjadi webcam portabel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

DroidCam

DroidCam

Anda bisa mengunduh dan menginstal apliksi DroidCam. Aplikasi ini hadir dalam dua versi, yaitu yang gratis atau versi berbayar dari Google Play dan versi yang tersedia di sini untuk Windows dan Linux.

Setelah men-download DroidCam, unzip dan jalankan setiap petunjuk pada layar. Setelah itu masukkan alamat IP ke DroidCam. Jika memilih untuk terhubung melalui port USB, cukup sediakan kabel USB bawaan smartphone Android Anda.

3 dari 4 halaman

IP Webcam

IP Webcam

Alternatif lainnya Anda bisa menggunakan aplikasi IP Webcam yang juga tersedia secara gratis atau berbayar di Google Play dan dapat mengunduh PC viewer-nya di sini.

Pengaturannya sebagian besar sama dengan DroidCam. Namun, IP Webcam mengharuskan Anda untuk melihat output melalui web browser. Sebagai catatan, hanya browser Chrome dan Firefox yang kompatibel dengan IP Webcam.

4 dari 4 halaman

EpocCam

EpocCam

Dilansir Makeuseof, Jumat (30/1/2015), aplikasi lain yang juga bisa diunduh secara gratis adalah EpocCam. Sebelum menginstalnya, terlebih dulu Anda harus menginstal driver untuk PC Windows atau Mac OS X di sini

Setelah terinstal (pastikan tidak ada aplikasi lain yang berjalan), Anda harus menjalankan EpocCam Viewer untuk melihat output pada desktop. Tekan tombol menu untuk membuka pengaturan aplikasi, dan tambahkan alamat IP untuk PC yang Anda gunakan.

(isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini