Sukses

Bill Gates: Waspadai Ancaman Kecerdasan Buatan

Pendiri Microsoft itu memperingatkan bahwa manusia harus waspada terhadap kecerdasan buatan.

Liputan6.com, Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menjadi salah satu topik hangat di ranah teknologi. Meski menuai pro-kontra, pendiri Microsoft Bill Gates mengingatkan bahwa manusia seharusnya mengkhawatirkan perkembangan AI.

Gates adalah salah satu tokoh industri dan ilmuwan, termasuk profesor Stephen Hawking dan inovator internet Elon Musk, yang melihat potensi ancaman dari mesin yang bisa berpikir sendiri. AI adalah kecerdasan yang dimiliki oleh mesin atau software.

Gates berbagi pemikirannya mengenai AI dalam thread 'AskMeAnything' di Reddit. "Awalnya, mesin-mesin itu akan melakukan banyak hal untuk kita dan tidak super pintar. Itu akan menjadi hal yang positif jika kita mengelolanya dengan baik. Beberapa dekade setelah itu, kecerdasan tersebut cukup kuat untuk menjadi sebuah kekhawatiran," jelas mantan Chief Executive Officer (CEO) Microsoft tersebut.

Gates pun menegaskan bahwa dia berada di pihak orang-orang yang khawatir mengenai kecerdasan buatan. "Saya setuju dengan Elon Musk dan sejumlah orang lainnya mengenai hal ini dan saya tidak mengerti mengapa ada orang-orang yang tidak peduli," sambungnya seperti dilansir Cnet, Minggu (1/2/2015).

Ketakutan manusia terhadap AI kerap digambarkan dalam film fiksi ilmiah, sebagai sebuah ide bagus yang berakhir mengerikan. Salah satunya cerita mengenai sistem komputer Skynet di film 'The Terminator', yang meluncurkan perang menggunakan robot seperti manusia yang didesain untuk membunuh.

Sementara itu, Musk yang memiliki kekhawatiran serupa dengan Gates menyebut pengembangan AI seperti "memanggil setan'. Dia juga berinvestasi untuk mencegah hal tersebut.

Hawking juga pernah mengungkapkan kehawatiranya dalam sebuah tulisan di The Independent pada Mei 2014. "Dampak jangka pendek AI tergantung pada siapa yang mengendalikannya, sedangkan jangka panjangnya tergantung pada apakah itu (AI) dapat terkontrol selamanya," jelas Hawking.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.