Sukses

Top 5: Pencuri Diringkus Gara-gara Selfie

Dua orang pencuri berhasil ditangkap karena tindakan bodoh mereka berfoto selfie. Simak top 5 berita Tekno di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Berita terpopuler kemarin datang dari luar negeri. Dua orang pencuri berhasil ditangkap karena tindakan bodoh mereka berfoto selfie. Kabar lainnya datang dari dunia gadget. Smartphone terbaru Apple, iPhone 6, dipastikan akan masuk ke Indonesia awal bulan depan. Simak selengkapnya rangkuman 5 Top Berita di kanal Tekno Liputan6.com Jumat (30/1/2015) di bawah ini.

1. Banyak Gaya, Dua Pencuri Diringkus Gara-gara Selfie 

Kepolisian di Texas, Amerika Serikat berhasil menangkap dua orang kawanan pencuri iPad. Kedua pencuri ini bisa dibilang melakukan tindakan konyol dan bodoh. Mereka melakukan foto selfie menggunakan perangkat iPad hasil curian. Kedua pencuri itu tanpa rasa khawatir memamerkan wajah gembira sambil memamerkan uang yang diduga merupakan hasil curian. Tanpa mereka sadari, foto itu secara langsung terunggah ke akun iCloud si pemilik iPad. Pemilik iPad kemudian memanfaatkan foto yang masuk ke iCloud miliknya untuk mencari keberadaan mereka, lalu mengunggah foto itu dan menyebarkannya melalui situs jejaring sosial Reddit. Akhirnya kedua pencuri itu berhasil ditangkap polisi.

2. iPhone Bakal Dilarang Masuk Indonesia?

Pemerintah sepertinya serius menjalankan niatnya untuk menerapkan kebijakan tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN) di perangkat mobile berfitur 4G. Aturan itu telah disepakati oleh tiga kementerian dan akan diberlakukan mulai 1 Januari 2017. kebijakan baru yang berisi kewajiban untuk menghadirkan kandungan lokal minimal 40% untuk smartphone dengan teknologi 4G LTE yang akan dipasarkan di pasar Indonesia per 1 Januari 2017. "‎Kalau kurang dari 40%, perdagangan nggak akan kasih izin. iPhone juga termasuk, mau nggak mau ‎Apple juga harus ikut, kalau nggak ya nggak kita izinin. Ini berlaku untuk semua vendor," ungkap Menkominfo Rudiantara di Kantor Kominfo.

3. Tips Ubah Smartphone Android jadi Webcam Portabel

Webcam Anda rusak saat ingin melakukan video chat via PC menggunakan Skype atau layanan video conferencing lain? Jangan khawatir, ada solusi sederhana yang bisa Anda coba. Untuk mengubah smartphone Android menjadi webcam portabel, Anda bisa mengunduh dan menginstal apliksi DroidCam. Setelah men-download DroidCam, unzip dan jalankan setiap petunjuk pada layar. Alternatif lainnya bisa menggunakan aplikasi IP Webcam. Pengaturannya sebagian besar sama dengan DroidCam. Aplikasi lain yang juga bisa diunduh secara gratis adalah EpocCam. Sebelum menginstalnya, terlebih dulu Anda harus menginstal driver untuk PC Windows atau Mac OS X.

4. Prihatin Kasus KPK vs Polri, Hacker Indonesia Serang Banyak Situs

Berlarut-larutnya perseteruan antara Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) vs Polri membuat banyak masyarakat Indonesia prihatin. Berbagai cara pun dilakukan untuk mengekspresikan keprihatinan tersebut. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh kelompok hacktivist yang menamakan dirinya sebagai Indonesian Cyber Freedom (INCEF). Kelompok hacker ini mengklaim telah berhasil meretas sejumlah situs, termasuk beberapa situs berita daerah. INCEF melakukan teknik deface, alias mengubah tampilan laman situs yang diretas, dengan foto salah satu anggota grup musik JKT48 yang tengah memegang karangan bunga berlogo INCEF.

5. iPhone 6 Sambangi Indonesia Awal Februari

Teka-teki kehadiran smartphone iPhone 6 di Tanah Air akhirnya terjawab. Smartphone terbaru besutan Apple itu diperkirakan akan masuk ke Indonesia awal bulan depan. Informasi ini diketahui dari situs operator seluler Telkomsel atau tepatnya di http://www.telkomsel.com/iphone. Dalam laman tersebut, tertulis bahwa paket data untuk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus akan dirilis pada 6 Februari 2015. Telkomsel akan menghadirkan pilihan paket data yang menarik untuk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Telkomsel juga menyediakan formulir bagi para pelanggannya yang ingin mendapatkan kabar iPhone 6 dan 6 Plus.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.