Sukses

Top 5: Pabrik iPhone PHK Besar-besaran Bikin Penasaran

Simak selengkapnya rangkuman 5 Top Berita di kanal Tekno Liputan6.com Sabtu (31/1/2015).

Liputan6.com, Jakarta - Rencana Foxconn, manufaktur asal Tiongkok yang turut merakit komponen iPhone, untuk melakukan PHK besar-besaran menjadi berita terpopuler yang dibaca kemarin, Minggu (31/1/2015). Pengurangan karyawan itu disebabkan melambatnya laju pertumbuhan laba yang diraih perusahaan. Foxconn sendiri memiliki karyawan yang sangat banyak di semua fasilitas produksinya. Ketika masuk masa produksi puncak, Foxconn mempekerjakan hingga 1,3 juta orang.

Berita terpopuler lainnya terkat geliat bisnis smartphone Lumia yang kini telah menjadi bagian dari Microsoft. Simak selengkapnya rangkuman 5 Top Berita di kanal Tekno Liputan6.com Sabtu (31/1/2015) di bawah ini.

1. Foxconn Bakal PHK Karyawan Besar-besaran?

Foxconn cukup populer sebagai perusahaan manufaktur yang menangani pesanan perusahaan-perusahaan top dunia. Perusahaan ini juga menjadi salah satu supplier utama Apple untuk pembuatan iPhone dan iPad. Perusahaan manufaktur asal Taiwan tersebut dikabarkan tengah menyiapkan langkah pengurangan tenaga kerja alias PHK (pemutusan hubungan kerja) dalam jumlah besar. Pihak Foxconn sendiri masih belum memberikan konfirmasi berapa jumlah pekerja yang akan dirumahkan dan target waktu pengurangan pegawai tersebut.

2. Geliat Smartphone Lumia di Tangan Microsoft

Kabar baik datang dari divisi Microsoft Device yang baru saja bergabung di Microsoft pasca dibeli dari Nokia beberapa waktu lalu. Divisi baru Microsoft tersebut disebutkan berhasil mencetak jumlah penjualan yang cukup baik pada kuartal keempat 2014. Selama tiga bulan di penghujung tahun 2014, tercatat sekitar 10,5 juta unit ponsel Lumia terjual ke seluruh dunia.

3. Belum Penuhi Aturan, Vimeo Bakal Terus Diblokir di Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana akan kembali membuka akses ke situs berbagi video, Vimeo, yang sempat diblokir. Saat ini, pemerintah sedang menunggu hasil proses filtering. Rudiantara sebagai Menteri Kominfo mengklaim dirinya telah berjanji bahwa layanan tersebut bakalan bisa diakses akhir pekan ini. Sayangnya, sewaktu dikonfirmasi mengapa hingga penghujung bulan Januari layanan Vimeo masih belum ada tanda akan bisa diakses secara bebas di Indonesia, Rudiantara mengungkap filtering Vimeo masih belum sesuai aturan pemerintah.

4. LG Bersinar di Tahun 2014

Samsung yang menguasai pasar dan menduduki posisi puncak diketahui mengalami penurunan yang cukup drastis. Lain Samsung lain pula LG. Rekan senegara Samsung tersebut lebih beruntung soal penjualan yang diraih sepanjang tahun 2014. Perusahaan itu diprediksi mengalami kenaikan penjualan di tahun 2014 hingga 25%.

5. Huawei Perkenalkan Mate7 Compact Awal Maret?

Huawei telah memastikan akan menjadi salah satu perusahaan yang turut meramaikan ajang Mobile World Congress (MWC) 2015 pada bulan Maret mendatang. Kendati belum mengumumkan apa yang akan diperkenalan, tak menghilangkan prediksi mengenai produk terbaru Huawei. Beredar laporan yang menyebutkan bahwa Huawei akan memperkenalkan versi kecil dari smartphone Ascend Mate7.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini