Sukses

Instagram vs Twitter, Mana Lebih Populer?

Keduanya memiliki jumlah pengguna yang cukup tinggi dan dikenal pengguna internet di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram belum lama ini mengumumkan pencapaian barunya. Mereka berhasil mendapatkan pengguna lebih dari 300 juta di seluruh dunia. Jumlah itu diketahui melampaui jumlah pengguna yang berhasil dicatatkan Twitter, yakni 284 juta pengguna.

Soal jumlah pengguna, Instagram boleh lebih unggul dibanding Twitter. Akan tetapi, soal popularitas Twiiter ternyata masih lebih unggul daripada situs berbagi foto yang juga merupakan anggota keluarga besar Facebook tersebut.

Data soal popularitas media sosial itu terungkap melalui riset yang dilakukan oleh GlobalWebIndex baru-baru ini. Mengutip laman Cubiclane, survei soal popularitas media sosial ini melibatkan pengguna internet berusia 16-64 tahun di seluruh dunia.

Tak hanya popularitas, riset ini membuktikan bahwa angka yang diklaim Instagram pada akhir Desember lalu itu tak akurat. Hasil riset GlobalWebIndex menyebutkan Twitter lebih unggul dari Instagram baik dari popularitas maupun jumlah pengguna aktif.

Pihak Instagram mengaku jumlah penggunanya menurun setelah perusahaannya melakukan pembersihan akun-akun palsu dan spam. Bersi-bersih yang dilakukan Instagram itu bahkan mempengaruhi jumlah follower bintang seperti Justin Bieber maupun Kim Kardashian.

Hasil riset ini menunjukkan pula bahwa Facebook masih tetap berada di posisi puncak daftar jejaring sosial soal popularitas maupun jumlah pengguna. Facebook disebutkan merepresentasikan 81% dari semua responden di usia antara 16-64 tahun.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini