Sukses

Antisipasi Banjir & Macet di Layanan Smart City Jakarta

Untuk memanfaatkan aplikasi berbasis web ini, Anda hanya perlu mengakses laman situs smartcity.jakarta.go.id.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras mengguyur Ibukota Jakarta pada Senin pagi ini (9/2/2015). Seperti biasanya sejumlah titik lokasi terendam banjir dan dilanda kemacetan.

Laporan BMKG memprediksikan Jakarta akan diguyur hujan sepanjang hari ini dengan intensitas rendah hingga tinggi. Dari satelit terlihat satu sel awan-awan besar berada di barat Jakarta.

Bagi Anda yang memerlukan informasi terkait lokasi banjir dan kemacetan lalu lintar di berbagai wilayah Jakarta, sejak Desember 2014 kemarin Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah meluncurkan sistem layanan elektronik 'Smart City' untuk mengetahui, memantau, sekaligus menindaklanjuti segala keluhan masyarakat.

Untuk memanfaatkan aplikasi berbasis web ini, Anda hanya perlu mengakses laman situs smartcity.jakarta.go.id. Di dalamnya terdapat sejumlah fitur yang dapat dimanfaatkan, seperti fitur laporan masyarakat, laporan banjir peta jakarta, peta manajemen bencana, dan masih banyak lagi.

Menariknya khusus untuk kondisi lalu lintas, Pemprov DKI Jakarta telah berkerjasama dengan Google untuk berbagi database informasi lalu lintas terintegrasi dengan aplikasi populer Waze Social GPS.

Dengan fitur-fitur yang tersedia, khususnya fitur laporan masyarakat yang disebut QLUE, Anda dapat berinteraksi dengan melaporkan berbagai kondisi yang terjadi di wilayah masing-masing.

Tak hanya informasi terkait banjir dan kemacetan, layanan Smart City Jakarta juga menyediakan informasi jalur fiber optic internet, pos polisi, data kependudukan, bahkan hingga kinerja aparatur pemerintah daerah di masing-masing wilayah.

Anda butuh informasi terkait lokasi banjir dan kemacetan? Atau ingin membantu sesama warga Jakarta dengan berbagai informasi? Langsung saja kunjungi laman situs smartcity.jakarta.go.id.

(dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.