Sukses

Gtalk `Pensiun` 16 Februari 2015

Layanan instant messaging, Google Talk (Gtalk), akan pensiun mulai awal pekan depan.

Liputan6.com, Jakarta Layanan instant messaging Google Talk alias Gtalk akan berhenti beroperasi mulai awal pekan depan. Sebagai gantinya, Google mengimbau para pengguna Gtalk untuk beralih ke layanan perpesanan instan lain yaitu Hangouts.

Dilansir Small Business Trends, Selasa (10/2/2015), Google telah mengumumkan bahwa para pengguna Gtalk tak akan lagi bisa menggunakan layanan tersebut per tanggal 16 Februari 2015. Pemberitauan resminya sendiri telah disebarluaskan Google kepada para pengguna Gtalk.

"Aplikasi Google Talk (Gtalk) for Windows tidak akan bisa lagi digunakan per 16 Februari 2015. Google Talk akan digantikan dengan aplikasi Hangouts Chrome," demikian isi pernyataan Google yang disampaikan kepada para pengguna pekan lalu.



Google sebelumnya telah menyinggung rencana memensiunkan Gtalk versi Windows pada Desember 2013. Saat itu, raksasa internet tersebut memprediksi Gtalk kemungkinan akan pensiun pada awal Februari 2014. Namun tampaknya rencana berubah dan Google pun memilih untuk menutup layanan tersebut Februari tahun ini.

Karena waktu pensiunnya yang sempat tertunda, pengguna Gtalk bisa lebih lama menggunakan layanan tersebut. Namun Google sebenarnya telah berhenti memperbarui keamanan untuk Gtalk dan memblokir seluruh unduhan baru aplikasi tersebut.

Kini setelah diresmikan akan pensiun pada pekan depan, Google mengarahkan para pengguna Gtalk ke laman unduhan aplikasi Hangouts. Hangouts adalah platform instant messaging dan video chat terbaru milik Google, yang dirilis pada Mei 2013. 

(din/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini