Sukses

Tips Temukan Cinta di Internet Dengan Aman

Seiring popularitasnya, kencan online juga menjadi salah satu layanan yang menjadi sasaran para penjahat cyber.

Liputan6.com, Jakarta - Kencan online kerap menjadi salah satu cara untuk mencari pasangan. Namun seiring popularitasnya, kencan online juga menjadi salah satu layanan yang menjadi sasaran para penjahat cyber.

Berbagai informasi yang kita publikasikan di dunia maya, tentunya dapat dilihat oleh orang lain. Karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati mengenai semua informasi yang ada di situs kencan.

Meski banyak teman kecan resmi di layanan tersebut, Anda tetap tidak mengetahui sosok aslinya. Tentunya Anda tidak ingin menjadi korban penguntit, pelecehan, catfishing, pencuri identitas, pemerasan webcam, dan phishing scam.

Taktik catfishing, biasanya digunakan oleh predator online untuk mengelabui orang dalam hubungan romantis secara online.

Nah untuk membantu menghindari risiko-risiko itu, perusahaan keamanan Symantec, Minggu (15/2/2015), memberikan sejumlah tips agar kencan online Anda berlangsung aman.

1. Buat username yang tidak digunakan untuk akun lain. Username dapat ditelusuri, sehingga hal apapun terkait dengan itu akan muncul dengan mudah di internet. Hal yang sama juga berlaku untuk foto.

2. Selain itu, Anda sebaiknya membuat akun email gratis dengan nama unik. Kebanyakan situs menawarkan layanan pesan di situs mereka yang melindungi anonimitas anggota, tapi sering kali orang akan melanjutkan percakapan mereka ke telepon atau email saat mereka jadi lebih dekat.

3. Untuk berkomunikasi melalui telepon, gunakan akun gratis Google Voice, yang akan memberikan nomor telepon terpisah dan meneruskannya ke ponsel Anda. Hal ini dapat melindungi nomor ponsel, sehingga Anda merasa cukup nyaman untuk memberikannya kepada teman kencan yang cocok.

4. Dalam memilih sebuah situs kencan online, pastikan untuk memilih yang terpercaya dan terkenal. Pastikan Anda memeriksa kebijakan privasi situs tersebut dan verifikasi bagaimana data ditangani. Beberapa situs kencan membuat profil publik secara default, yang berarti bahwa data tersebut dapat diindeks oleh mesin pencari.

5. Periksa kebijakan privasi untuk mengetahui bagaimana layanan itu mengelola data. Sebuah situs online populer dilaporkan tengah bermasalah karena secara rahasia bereksperimen dan memanipulasi data anggota.

6. Bergabung dengan situs berbayar. Karena anggota harus membayar untuk berkomunikasi satu sama lain dan ini bisa membantu mengurangi penipu. Beberapa situs berbayar juga akan melakukan pengecekan latar belakang kriminal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Identifikasi penipuan kencan online

Ada banyak cara untuk mengidentifikasi penipuan kencan online. Salah satunya jangan langsung percaya kepada cerita orang asing. Jika mereka meminta uang Anda, maka laporkan segera ke layanan yang Anda gunakan dan lakukan pemblokiran.

Minta foto terbaru orang yang Anda ajak berbicara. Jika mereka menolak dengan berbagai alasan, maka Anda harus berhati-hati. Hal yang sama juga berlaku jika Anda mengajak mereka untuk bertemu.

Jangan pernah mengakses link yang dikirim oleh kenalan baru. Ada kemungkinan mereka mengarahkan Anda ke situs berbahaya atau webcam.

Jika ada yang mengajak untuk mengobrol via webcam, Anda juga harus berhati-hati. Penjahat cyber bisa merekam sesi webcam dan menggunakannya untuk memeras Anda.

Para penipu juga bisa membuat profil palsu yang dijalankan oleh program yang disebut bot. Jika Anda merasakan bahwa percakapan Anda sedikit aneh, atau orang tersebut tidak menjawab pertanyaan Anda secara langsung, kemungkinan itu adalah bot.

Semoga tips ini dapat membantu Anda menemukan cinta sejati!

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini