Sukses

Indosat Pamer Layanan Telepon Berkualitas HD

Ternyata di industri telekomunikasi, layanan suara juga bisa disajikan dalam kualitas HD, seperti yang coba disajikan PT Indosat Tbk.

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas high definition (HD) telah disediakan berbagai vendor berbagai perangkat demi memanjakan pasar. Ternyata di industri telekomunikasi, layanan suara juga bisa disajikan dalam kualitas HD, seperti yang coba disajikan PT Indosat Tbk.

Indosat mengklaim layanan suara berkualitas HD alias HD Voice yang disediakannya akan menyajikan pengalaman baru bagi penggunanya dalam menikmati kualitas layanan suara yang lebih jernih, jelas, dan seolah tanpa jarak saat melakukan panggilan.

"Fitur Voice HD sendiri merupakan fitur untuk meningkatkan kualitas suara lebih jernih dengan mengaktifkan Adaptive Multi Rate Wideband (AMR WB) yang memungkinkan pengguna frekuensi untuk aplikasi voice dari maksimum 3600 Hz menjadi dua kali lipat yaitu 7000 Hz," papar Joko Riswadi, Head of Network Optimization Indosat, Senin (16/2/2015).

Dipaparkan Joko, bila ingin mendapatkan fitur HD Voice ini pengguna harus menggunakan handset yang juga telah mendukung fitur ini, baik untuk memanggil atau menerima panggilan. Joko mengungkapkan sudah terdapat 329 model perangkat dari 19 vendor yang sudah mendukung fitur HD Voice.

HD Voice disebutkan Joko tak hanya bisa dinikmati ketika melakukan panggilan sesama Indosat. Fitur ini bisa dinikmati saat melakukan panggilan lintas operator asalkan kedua perangkat dan jaringan yang digunakan melakukan panggilan telah mendukung teknologi HD Voice.

Sementara terkait investasi yang digelontorkan Indosat untuk menghadirkan HD Voice, pihaknya mengklaim tak menyediakan alokasi khusus.

"Tidak ada investasi khusus untuk teknologi ini, HD Voice itu bagian dari modernisasi jaringan yang sudah kita lakukan, jadi tinggal nyalain saja," tandasnya.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini