Sukses

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Alessandro Volta ke-270

Liputan6.com, Jakarta - Google Doodle hari ini ikut memeriahkan peringatan ulang tahun Alessandro Volta yang ke-270. Ia dikenal sebagai seorang penemu baterai elektrik yang tersohor.

Penemuannya berawal dari kejadian tak terduga, dimana Volta dan Luigi Galvani, seorang professor di bidang anatomi sedang melakukan pembedahan katak.

Ketika keduanya melihat kejutan listrik yang membuat kaki katak berkejang, Galvani mengatakan bahwa terdapat elektrik spesial di dalam tubuh hewan.

Dari teori tersebut, Volta membuat teori sendiri bahwa kejutan listrik tersebut disebabkan oleh dua logam berbeda yang menyentuh badan katak. Kemudian, Volta melakukan eksperimen dengan menggunakan logam berbeda. Akhirnya, terciptalah baterai listrik pertama di dunia bernama Pile Voltaic.

Dilansir TheGuardian, Rabu (18/2/2015), Plie Voltaic terbuat dari tumpukan logam bulat yang dipisahkan oleh karton dan kain yang direndam di dalam air laut. Ide ini tercetus dari hipotesisnya bahwa cairan di dalam kaki katak yang menjadi kunci dari efek kejang.

Alessandro Volta pensiun di tahun 1819. Kemudian, ia berpindah tempat tinggal ke perkebunan di Camnago, Itali. Di sanalah pria yang dirayakan ulang tahun Google Doodle ini menghembuskan napas terakhirnya pada tahun 1827.

(auf/isk)